Mengenali Berbagai Fitur Keamanan Agar Buah Hati Aman di Media Sosial

Annissa Wulan26 Sep 2019, 18:30 WIB
Gadget Anak

Fimela.com, Jakarta Media sosial jelas telah menjadi bagian gaya hidup yang tak bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia, apa kamu salah satunya? Bicara tentang media sosial, banyak hal berkaitan yang bisa dibahas, salah satunya adalah tentang isu peretasan atau dari sisi kekhawatiran orangtua.

Inilah pentingnya mengetahui dan memahami berbagai fitur yang tersedia di media sosial, terutama fitur-fitur keamanan. Pada Rabu (25/9/2019), tiga platform media sosial dengan pengguna terbesar di Indonesia, yaitu Facebook, Instagram, dan Whatsapp mengadakan acara bertajuk "Aman di Media Sosial" untuk berbagi informasi terkini mengenai berbagai fitur keamanan yang ada di masing-masing platform media sosial.

1. Whatsapp

Tidak heran jika Whatsapp menjadi platform media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Sarana komunikasi yang satu ini tidak hanya memungkinkan interaksi menggunakan teks saja, namun juga berbagi gambar, dan video, tidak hanya antara dua orang, namun juga dalam sebuah grup.

Di Whatsapp, kamu bisa berkenalan dengan fitur "Autentikasi Dua-Faktor" dengan cara sebagai berikut. Setelah membuka aplikasi media sosial Whatsapp, pilih menu pengaturan di kanan bawah, pilih Akun, pilih Privasi, kemudian pada menu Privasi dan Keamanan, scroll ke bawah, dan pilih "Autentikasi Dua-Faktor."

Mengenali Berbagai Fitur Keamanan Agar Anak Aman di Media Sosial

Gadget Anak
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

2. Facebook

Berbeda dengan Facebook, fitur keamanan di dalam platform ini cukup banyak mengingat bahwa media sosial yang satu ini tidak hanya sebagai sarana interaksi saja. Di Facebook, kamu bisa menemui berbagai fitur, seperti Keamanan, Privasi, Keselamatan, dan Kesejahteraan.

Media sosial
Amber Hawkes, Safety Policy Manager, Facenook Asia-Pacific. Sumber foto: Document/PR.

3. Instagram

Sama halnya dengan Facebook, untuk bisa membuat akun di Instagram, seseorang diharuskan berusia di atas 13 tahun. Di dalam aplikasi Instagram, kamu bisa mengelola privasi dengan mengaktifkan fitur "Akun Privasi."

Selain itu, kamu juga bisa mengelola interaksi yang terjadi di media sosial ini, seperti melakukan blocking, menyaring komentar, hingga mengelola waktu. Instagram juga secara khusus merilis Panduan Instagram untuk Orang Tua dalam bahasa Indonesia.

Panduan ini diciptakan untuk memberi informasi detail dan terkini bagi para orangtua yang ada di Indonesia seputar penggunaan Instagram di kalangan anak. Bagaimana menurutmu?

Media sosial
Ching Yee, Head of Communications, Instagram Asia-Pacific. Sumber foto: Document/PR.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

 

 
Lanjutkan Membaca ↓