FIMELA FEST 2019: Jangan Terlalu Keras pada Diri Sendiri, Karena Kamu Pantas Dicintai

Febi Anindya Kirana27 Sep 2019, 14:35 WIB
self-love

Fimela.com, Jakarta Tidak ada yang sempurna di dunia ini, dan sebaiknya kamu juga paham bahwa dirimu pun tak bisa menjadi sempurna. Itulah mengapa kita tak perlu perfeksionis dalam hidup. Tentu saja, melakukan yang terbaik itu harus, namun jangan sampai terlalu keras pada diri sendiri.

Secara psikologis, keras pada diri sendiri memiliki pengaruh baik dan buruk tergantung kadarnya. Ketika kita mendorong diri sendiri untuk maju, keras pada diri sendiri itu perlu. Namun dalam tingkatan tertentu, keras pada diri sendiri hanya akan menghancurkan diri sendiri.

Penelitian yang dilakukan Kristin Neff, profesor pengembangan manusia dari University of Texas menemukan bahwa alasan terbesar orang tidak menunjukkan self-compassion atau rasa mencintai diri sendiri adalah mereka takut telah memanjakan diri sendiri. Mereka percaya bahwa self-criticism membuat mereka menjalani hidup lebih baik.

 

Setiap Orang Pantas Dicintai

mencintai diri sendiri bahagia
ilustarsi perempuan bahagia/Photo by Renato Abati from Pexels

Padahal mencintai diri sendiri itu perlu, bukan hanya menjaga kesehatan mental tapi juga fisik. Sebuah penelitian tahun 2007 yang dilakukan para peneliti dari Wake Forest University menemukan bahwa orang yang kurang mencintai diri sendiri cenderung memiliki kebiasaan makan yang buruk. Mereka sering makan makanan tidak sehat dan gemuk. Secara mental, mencintai diri sendiri juga mampu meningkatkan kebahagiaan dan rasa puas dalam hidup.

Mungkin ini erat hubungannya juga dengan kadar stres tubuh. Orang yang kurang mencintai diri sendiri dan keras pada diri sendiri biasanya rentan stres, pada akhirnya ia akan mengalihkan rasa stres itu pada makanan.

Mengkritik diri sendiri secara terus-menerus justru akan membangun pikiran negatif dan membuat diri sendiri minder dan tidak berkembang. Itulah mengapa penting belajar menerima dan mencintai diri sendiri, karena kamu memang pantas mendapatkannya, ladies.

***

FIMELA ingin mengajakmu menjadi perempuan Indonesia yang tangguh, dan terbebas dari rasa takut. Ketahuilah bahwa setiap perempuan terlahir istimewa. Yuk, Grow Fearless bersama Fimela. Segera daftarkan dirimu di sini dan dapatkan undangan FIMELA FEST 2019.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓