3 Alasan Kenapa Pernikahan Bisa Mengubah Hidupmu

Mimi Rohmitriasih01 Okt 2019, 14:18 WIB
Pernikahan

Fimela.com, Jakarta Momen pernikahan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap orang. Lewat pernikahan, secara perlahan seseorang bisa menjadi pribadi yang lebih dewasa, bijaksana dan sabar. Lewat pernikahan pula, seseorang bisa merasakan kehidupan yang jelas berbeda dengan kehidupannya saat ia masih sendiri.

Melansir dari laman yourtango.com, pernikahan bukan hanya menyatukan dua pasangan di dalamnya. Lebih jauh, pernikahan juga proses menyatukan dua keluarga besar yang jelas-jelas terdapat beberapa perbedaan di dalamnya.

Setelah menikah, kehidupan seseorang yang semula terasa biasa saja akan berubah jadi lebih mengesankan atau sebalinya lebih banyak ujiannya. Kehidupan setelah pernikahan jelas berbeda dengan kehidupan sebelum menikah. Kehidupan setelah pernikahan akan banyak mengubah hidupmu Sahabat Fimela.

Kenapa Pernikahan Mengubah Hidupmu?

Pernikahan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/AnnaGorbenko

Menyatukan Dua Orang Tidak Mudah

Pernikahan adalah jalan untuk menyatukan dua orang di dalamnya. Ketika status masih sendiri, kita bisa melakukan apa-apa sendiri tanpa memikirkan oranglain. Tapi setelah menikah, kita harus meminta persetujuan pasangan mengenai apa-apa yang hendak kita lakukan dan begitu juga sebaliknya.

Meski kelihatannya sederhana, menyatukan dua isi kepala bukanlah hal yang mudah. Dalam pernikahan tak hanya menyatakan dua kepala tetapi juga dua keluarga yakni orangtua dan mertua.

 

Masalah Keuangan Akan Lebih Rumit

Disadari atau tidak, keuangan keluarga memiliki peran penting di dalam pernikahanmu. Jika sebelumnya dirimu dan pasangan sama-sama bekerja, menghasilkan keuangan sendiri dan mengelola keuangan sendiri, setelah menikah dirimu dan pasangan harus mempertimbangkan lagi bagaimana cara mengelola keuangan berdua.

Mengelola keuangan berdua bukanlah hal yang mudah apalagi untuk mereka yang terbiasa mengelola keuangannya sendiri. Dalam ikatan pernikahan, bisa dikatakan masalah keuangan akan menjadi sedikit lebih rumit dari yang dibayangkan.

Semakin Banyak Ujian yang Mendewasakan

Dalam ikatan pernikahan, akan ada semakin banyak ujian yang disadari atau tidak semakin mendewasakan. Ujian yang sebenarnya ringan bisa terasa lebih berat setelah menikah. Ujian yang sebenarnya biasa saja bisa menjadi masalah yang sangat besar bagi pasangan suami istri. Ujian yang datang dalam pernikahan bisa datang dari mana saja termasuk dari keluarga terdekat seperti mertua dan orangtua.

Itulah beberapa alasan kenapa pernikahan bisa banyak mengubah hidupmu dan pasangan. Selain mengubah hidup, pernikahan juga akan memberikan momen kebahagiaan serta kesedihan yang terbilang baru dalam kehidupanmu. Pernikahan akan memberi banyak momen manis, pahit, asam maupun asinnya kehidupan.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓