FIMELA FEST 2019: 3 Cara Tepat Kelola Uang dengan Gaji Pas-Pasan

Vinsensia Dianawanti02 Okt 2019, 16:00 WIB
Tips Keuangan/mlg

Fimela.com, Jakarta Dengan penghasilan yang diterima setiap bulannya, tidak sedikit di antara kita yang mengeluh. Dengan gaji pas-pasan dijadikan alasan untuk tidak menabung. Bahkan membuat kita kesulitan untuk mengatur keuangan berdasarkan prioritas.

Nyatanya, kebutuhan kita bisa terpenuhi terlepas dari besar kecilnya pendapatan. Yang membuat gaji pas-pasan menjadi terasa kurang adalah karena pemenuhan gaya hidup tinggi yang terus diikuti. Padahal sebenarnya kamu bisa mengelola uang dengan lebih bijaksana dengan tips berikut ini.

1. Anggaran pengeluaran yang diatur

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah lakukan perhitungan anggaran pengeluaran selama satu bulan. Ini bisa kamu lakukan bahkan sebelum gaji turun. Dengan adanya anggaran pengeluaran ini, kamu bisa menyingkirkan membeli hal-hal yang tidak penting.

 

 

2. Konsisten dengan nominal tabungan

Ilustrasi uang
Ilustrasi uang. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

Secara keseluruhan, perhitungan uang tabungan yang sehat setiap bulannya adalah 30 persen dari gaji. Ketika menabung, kamu harus konsisten dengan nominal yang disisihkan. Akan lebih baik penyisihan untuk tabungan ini dilakukan ketika gaji turun.

3. Bawa uang tunai secukupnya

Pernahkah kamu merasa jika terlalu banyak memegang uang tunai justru akan membuat uangmu makin cepat habis? Hal ini karena ada dorongan untuk menggunakan uang tunai ketika ada di dompet. Namun jika kamu hanya membawa uang tunai secukupnya, kamu akan berpikir ulang untuk menggunakan uang tersebut.

FIMELA ingin mengajakmu menjadi perempuan Indonesia yang tangguh, dan terbebas dari rasa takut dengan gaji pas-pasan setiap bulannya. Ketahuilah bahwa setiap perempuan terlahir istimewa. Yuk, Grow Fearless bersama Fimela. Segera daftarkan dirimu di sini dan dapatkan undangan FIMELA FEST 2019

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓