Rajin Makan Bawang Jenis Ini, Mampu Turunkan Risiko Kanker Payudara

Febi Anindya Kirana02 Okt 2019, 14:45 WIB
bawang

Fimela.com, Jakarta Makanan yang baik memang sebaiknya memberikan manfaat kesehatan, apalagi jika bisa mencegah penyakit kanker seperti kanker payudara. Salah satu makanan sehat yang mungkin akan kamu pertimbangkan untuk dikonsumsi lebih banyak adalah bawang putih dan bawang bombay.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University at Buffalo dan University of Puerto Rico menemukan bahwa ada dua jenis bawang yang ternyata bisa menurunkan risiko kanker payudara, yaitu bawang putih dan bawang bombay.

Peneliti yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer ini melakukan analisis dengan melibatkan 314 perempuan yang mengidap kanker payudara dan 346 perempuan sehat selama enam tahun untuk mengetahui hubungan konsumsi bawang dan risiko kanker payudara.

 

Bawang Putih dan Bawang Bombay Cegah Kanker Payudara

Bawang putih (Foto: iStockphoto)
Bawang putih (Foto: iStockphoto)

Hasilnya, mereka yang banyak makan bawang putih dan bombay memiliki risiko rendah kanker payudara dan bisa menekan perkembangan sel-selnya di dalam tubuh.

Penulis penelitian Gauri Desai mengungkapkan bahwa bawang-bawang ini mengandung antioksidan tinggi berupa flavanols dan organosulfur sebagai komponen antikarsinogenik yang kuat.

Jadi, jika ingin mencegah kanker payudara atau menurunkan risikonya, rajin-rajin makan makanan yang mengandung banyak bumbu bawang putih dan bawang bombay ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓