Tidur Siang Bisa Membuat Tubuh Lebih Bugar dengan 4 Tips Ini

Endah Wijayanti06 Okt 2019, 10:45 WIB
Tidur

ringkasan

  • Tidur Siang Cukup 10-26 Menit
  • Tidur Berbaring di Tempat yang Tenang dan Gelap
  • Jalan-Jalan Sebentar setelah Bangun Tidur
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Tidur siang terkadang menjadi sebuah kemewahan tersendiri. Di tengah kesibukan yang padat dan pekerjaan yang tak ada habisnya, rasanya sulit untuk bisa meluangkan waktu khusus pada siang hari untuk tidur. Tapi bila belakangan ini kita merasa selalu kelelahan dan kehabisan energi menjelang siang, tak ada salahnya untuk secara khusus menjadwalkan jam tidur siang.

Supaya tubuh bisa lebih bugar setelah tidur siang, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Sejumlah tips berikut ini dapat membantumu mendapatkan tubuh yang lebih berenergi setelah tidur siang. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Tidur Siang Cukup 10-26 Menit

Tidak perlu terlalu lama untuk tidur siang. Dilansir dari thehealthy.com, tidur siang sebaiknya 10-26 menit saja. Para ilmuwan NASA menemukan bahwa tidur siang 26 menit dapat meningkatkan performa pilot sebanyak 34 persen dan 54 persen lebih terjaga. Sebaiknya tidur siang tidak lebih dari 90 menit karena kita akan mengalami inersia tidur (perasaan canggung dan tidak nyaman yang timbul akibat bangun dari tidur yang lelap). Tidur siang yang terlalu lama pun bisa mengganggu kualitas tidur di malam hari.

 

 

2. Tidur Berbaring di Tempat yang Tenang dan Gelap

kurang tidur saat diet
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@vanyaoboleninov

Untuk memaksimalkan fungsi otak, tidurlah dalam posisi berbaring. Temukan tempat yang tenang dan gelap untuk tidur siang. Dengan begini kita bisa tidur lebih nyenyak dan ketika bangun bisa merasa lebih bugar.

3. Pilih Tempat yang Sejuk

Hindari tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin. Idealnya tidur siang perlu dilakukan di tempat yang sejuk. Sehingga kita bisa lebih tenang dan nyenyak saat tidur. 

4. Jalan-Jalan Sebentar setelah Bangun Tidur

Setelah bangun dari tidur siang, kita bisa jalan-jalan sejenak ke luar dan mendapat sedikit sinar matahari. Cara ini perlu dilakukan untuk menjaga jam biologis tubuh kita. Paparan sinar matahari juga dapat membuat kita merasa lebih bugar dan berenergi. Tubuh kita pun akan lebih siap untuk diajak kembali beraktivitas dengan lebih produktif.

Di tengah kesibukan dan rutinitas yang padat, istirahat tetap butuh prioritas tersendiri. Dengan istirahat cukup, kebugaran dan kesehatan tubuh bisa lebih terjaga dengan lebih baik.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓