Ini 4 Alasan Olahraga Membuat Tubuh Merasa Lebih Bahagia

Febi Anindya Kirana04 Okt 2019, 10:13 WIB
olahraga

Fimela.com, Jakarta Olahraga bukan hanya bisa meningkatkan kekuatan, kesehatan dan kebugaran tubuh namun juga membuat diri sendiri bahagia. Banyak orang mungkin tak menyadarinya, tapi ternyata ada keterkaitan kuat antara kebiasaan olahraga dan kebahagiaan diri sendiri. Ini alasan mengapa olahraga menjadi satu hal yang membuatmu merasa lebih bahagia.

1. Melepaskan hormon bahagia ke dalam otak

Olahraga memicu pelepasan hormon dopamin, sneyawa yang membuat kita merasa bahagia atau senang. Ketika tubuh bergerak, seperti melompat berlari dan bermain, tubuh akan secra alami melepaskan dopamin.

2. Mengurangi stres

Karena tubuh melepaskan dopamin, kadar serotonin atau lebih dikenal sebagia hormon stres juga akan berkurang. Olahraga menjadi cara melepaskan stres paling sehat dan aman dengan cara meningkatkan denyut jantung dan meregulasi hormon tubuh.

 

3. Meningkatkan kepercayaan diri

perempuan olahraga
ilustrasi gym/Photo by mentatdgt from Pexels

Ketika tubuh mengalami peningkatan hormon kebahagiaan, secara alami kepercayaan diri juga akan meningkat. Orang bahagia biasanya punya percaya diri tinggi karena ia merasa lebih berdaya dan kuat, atau bahkan lebih seksi.

4. Melawan insomnia

Banyak penelitian membuktikan bahwa olahraga membantu menyembuhkan insomnia. karena energi yang digunakan tubuh diubah menjadi asam laktat, dan ketika asam laktat itu menumpuk, akan menyebabkan tubuh mengantuk sehingga mudah tertidur.

Jadi, jika ingin merasa bahagia, pastikan rajin olahraga setiap hari ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓