5 Langkah Lakukan Perencanaan Keuangan Agar Gaji Tidak Selalu Habis

Karla Farhana06 Okt 2019, 09:00 WIB
[Fimela] Financial Plans

Fimela.com, Jakarta Tren gaya hidup milenial cenderung mendorong perilaku konsumtif. Mulai dari traveling, hangout di kafe atau restoran, hingga tren fashion yang juga mendorong munculnya berbagai platform dan aplikasi demi mempermudah orang-orang untuk belanja

Kerap takut ketinggalan tren, Fear of Missing Out (FOMO) mendorong milenial untuk berlomba-lomba mencoba berbagai hal baru dan unik. Tapi sayang, tidak semua milenial dapat mengontrol pengeluaran demi mengejar tren ini. Akhirnya, gaji setiap bulan tidak tersisa bahkan tidak jarang hingga harus mengandalkan kartu kredit. 

Sebenarnya, kondisi keuangan yang tidak sehat tidak membutuhkan kontrol dan perencanaan keuangan yang ribet. Tidak perlu juga membutuhkan pihak ketiga untuk 'memaksamu' menabung sekian persen dari pendapatanmu per bulan. Cuma dengan 5 cara sederhana ini, Sahabat Fimela bisa memiliki keuangan yang lebih sehat. 

1. Susun Prioritas Kebutuhan Hidup

Pertama, sebelum menentukan berapa jumlah uang yang bisa kamu gunakan untuk nongkrong, ngopi, dan belanja, tentukan dulu skala prioritas kebutuhan hidup. Misalnya, membuat daftar kebutuhan bulanan, mingguan, dan tahunan. Cantumkan juga detail harganya. Sehingga, kamu punya gambaran berapa jumlah yang wajib kamu keluarkan untuk kebutuhan hidup. Seperti bayar listrik, pulsa dan internet, ongkos, dan lain sebagainya. 

 

2. Catatat Pemasukan dan Pengeluaran

[Fimela] Ilustrasi Menabung
Ilustrasi Menabung dan Investasi | unsplash.com/@blankerwahnsinn

Catat semua bentuk pemasukan dan pengeluaran. Kalau kamu malas untuk melakukannya secara manual, bisa juga menggunakan aplikasi keuangan gratis. Dari situ, kamu bisa melihat, seberapa besar pengeluaranmu. 

3. Rem

 

Menabung itu tidak sulit, tetapi mengontrol dan mengerem dirimu sendiri untuk tidak belanja membabi butalah yang susah. Mulailah untuk membuat budget berapa banyak yang bisa kamu keluarkan untuk jajan sepatu, makan, nongkrong, jalan-jalan, dan lain sebagainya. 

4. Bukan Rekening Khusus Tabungan

Susah untuk menabung? Paksa dirimu dengan membuka rekening khusus tabungan berjangka. Sehingga, bank akan menarik otomatis setiap bulan untuk disimpan di sebuah akun tabungan yang tidak bisa kamu ambil dalam jangka waktu tertentu. 

5. Lindungi perencanaan keuangan kamu dengan asuransi

[Fimela] Tabungan
Ilustrasi Menabung | unsplash.com/@dhelentjaris

Terakhir, jaga tabunganmu dengan bergabung dalam asuransi yang tepat, serta dapat melindungimu dari semua risiko keuangan yang mungkin terjadi saat beraktivitas dan melakukan passion-mu. 

Salah satu produk asuransi yang cocok untuk milenial adalah FWD LooP, yang merupakan produk asuransi jiwa komprehensif dengan perlingan lengkap dan harga terjangkau. Asuransi ini menyediakan 5 manfaat; manfaat meninggal dunia dan manfaat ketidakmampuan karena kecelakaan, manfaat penyakit kritis, manfaat penggantian biaya rawat inap, dan termasuk manfaat investasi. 

Proses pembelian asuransi ini juga mudah dan prosesnya dapat dilakukan melalui perangkat mobile. Jadi, Sahabat Fimela tidak akan ribet saat melalukan aplikasi. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓