Ini Perubahan pada Tubuh Saat Kamu Melakukan Diet Keto

Annissa Wulan09 Okt 2019, 11:30 WIB
Ilustrasi diet

Fimela.com, Jakarta Diet keto bukan hal yang baru, beberapa tahun terakhir, diet keto telah populer dipercaya untuk menurunkan berat badan. Diet keto adalah diet yang dilakukan dengan memangkas asupan karbohidrat dan mengisinya dengan lemak sehat.

Sel tubuh yang terbiasa mendapatkan energi dari karbohidrat, akhirnya mengalihkan ke sumber energi lainnya, yaitu lemak. Kemudian tubuh akan membakar lemak tersebut.

Diet keto tidak membatasimu mengonsumsi kalori atau jumlah makanan yang dikonsumsi. Dilansir dari huffpost.com, Rabu (9/10/2019), diet keto biasanya dipenuhi dengan makanan laut, daging merah, unggas, keju, sayuran rendah karbohidrat, telur, yogurt polos, dan lemak.

Kamu disarankan untuk menghindari makanan dengan gula dan karbohidrat, seperti buah, biji- bijian, dan kacang-kacangan. Inilah mengapa banyak orang merasakan efek samping yang berbeda-beda ketika melakukan diet keto.

1. Kamu merasa seperti terserang flu

Saat pertama kali melakukan diet keto, tubuh akan melalui banyak fase penyesuaian. Banyak orang merasa terserang flu, seperti mengalami gejala sakit kepala, mual, dan lesu.

Kuncinya adalah tetap terhirasi dan mencukupi asupan garam. Gejala ini akan hilang dalam beberapa hari.

2. Kamu akan sangat menginginkan karbohidrat

Di awal waktu, tubuh akan membuatmu sangat menginginkan karbohidrat untuk energi. Namun, begitu tubuh telah terbiasa, keinginan ini akan berkurang.

3. Kamu merasa kurang lapar

Ketika melakukan diet keto, kamu akan merasa kurang lapar, daripada jenis diet lainnya, karena diet keto tidak membatasi jumlah makanan yang kamu konsumsi. Protein dan lemak dalam diet keto justru akan membuatmu cepat kenyang dan bertahan lebih lama daripada karbohidrat.

 

4. Kamu akan kehilangan lemak

Ilustrasi diet
Ilustrasi diet. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

Jika kamu melakukan diet keto dengan ketat dalam jangka waktu yang pendek, lemak di dalam tubuh akan hilang. Diet keto memang tidak dianjurkan untuk dilakukan dalam jangka waktu yang panjang atau lama.

5. Kamu menjadi sering buang air kecil

Diet keto menyebabkan ginjal mengeluarkan lebih banyak natrium dan cairan. Saat kamu menjadi lebih sering buang air kecil, kamu akan kehilangan banyak elektrolit dan mineral, yang kemudian menyebabkan dehidrasi dan kram, penting untuk mencukupi asupan air untuk tetap terhidrasi.

6. Sembelit

Banyak orang mengalami sembelit saat melakukan diet keto. Minumlah lebih banyak air dan menambah asupan serat.

7. Energimu akan menurun

Ketika mulai melakukan diet keto, tingkat energimu mungkin akan anjlok. Namun, sama seperti gejala lainnya, gejala ini akan kembali seperti semula seiring berjalannya waktu.

 

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓