Fimela Fest 2019: 5 Langkah Mengatur Keuangan Untuk Ibu Modern agar Tidak Boros

Anisha Saktian Putri09 Okt 2019, 09:00 WIB
Keuangan

Fimela.com, Jakarta Menjadi bu rumah tangga tentu harus pinta-pintar merencanakan keuangan. Memang hal ini tidak mudah, karena seorang ibu harus mengatur kebutuhan sehari-hari mulai dari belanja, bayar listrik, arisan, hingga belanja keinginan diri sendiri.

Lalu bagaimana tipsnya agar kebutuhan tercukupi dalam jangka waktu sebulan? Yuk intip penjelasannya mengatur keuangan untuk ibu modern, dilansir dari uangteman.com.

1. Amplop harian atau amplop 41

Masukan uang dalam jumlah yang berbeda-beda dalam setiap amplop dari pendapatan suami. Untuk keperluan belanja bulanan, biaya sekolah, hingga cadangan uang atau tabungan.

2. Perbandingan harga saat belanja

Biasanya para ibu paling handal dalam membandingkan harga dari supermarket satu dengan yang lainnya.

Untuk pola perbandingan, kamu bisa memperhatikan beberapa aspek, seperti:

  • Manfaat dari barang yang akan dibeli, baik manfaat jangka panjang maupun jangka pendek.
  • Kualitas rasa yang dihasilkan, terutama jika yang dibeli adalah bahan makanan mentah.
  • Merek produk yang dibeli, baik untuk produk dalam maupun luar negeri
  • Tingkat ketahanan atau masa kadaluarsa produk yang dibeli.
 

3. Catatan belanja

FIMELA FEST 2019
FIMELA FEST 2019

Tips hemat belanja yang berikutnya adalah membuat catatan belanja berkala yang perlu dipastikan jumlah barang, jenis, dan lokasi pembeliannya. Hal tersebut untuk mempermudah dalam membuat anggaran belanja di bulan berikutnya.

Serta dapat mencegah membeli kebutuhan sehari-hari secara berlebihan. Bahkan, menahan diri untuk membeli kebutuhan yang tidak diperlukan.

4. Diskon

Diskon menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan untuk meminimalisir pengeluaran. Agar tidak mudah tertipu promo diskon produk tertentu, ada beberapa hal yang harus tetap diperhatikan, seperti:

Harga asli dari produk yang didiskon dan perbandingannya dengan harga produk yang serupa di tempat lain.

Pentingnya produk diskon tersebut untuk Anda dan keluarga. Jika memang tidak penting, Anda bisa menangguhkan pembelian barang diskon untuk membeli produk yang lainnya.

Ada tidaknya kecacatan pada produk yang dijual, misalnya saja untuk produk baju, Anda perlu menilai ada tidaknya sobek atau noda pada pakaian.

Sistem diskon yang diterapkan untuk barang, misalnya diskon dengan sistem prosentase atau wajib membeli satu barang dengan barang kedua bermerek sama mendapat diskon 10-50%.

Ukuran, tipe, atau merek produk yang didiskon. Kalau tidak ada ukuran atau tipe yang cocok, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membeli produk meski sedang ada diskon.

5. Minimalisir pemakaian kartu kredit

Saat belanja dengan menggunakan kartu kredit, bisa memilih belanja produk yang bisa dicicil dengan bunga 0%. Jika tidak, bisa belanja dengan standar harga yang tidak boleh melebihi 30% dana kartu kredit setiap bulannya. Selain tips diatas, perlu menekankan pada diri sendiri untuk tidak terbawa nafsu saat belanja dan hanya berbelanja sesuai kebutuhan serta kemampuan. Fimela akan memberikan solusi untuk kamu yang kesulitan dalam mengelola keuangan. Dengan menghadirkan financial planner, Prita Hapsari Ghozie kamu akan mendapatkan penjelasan lebih dalam seperti apa cara tampil stylish meski memiliki gaji yang pas-pasan pada gelaran FIMELA FEST 2019.

Prita Hapsari Ghozie merupakan konsultan keuangan yang mendapat gelar sarjana di Universitas Indonesia. Kemudian Prita melanjutkan pendidikan master di University of Sydney, Australia.

Fimela Fest 2019 ini akan diadaakn pada tanggal 11-17 November di Gandaria City. Yuk, Grow Fearless bersama Fimela. Segera daftarkan dirimu di sini dan dapatkan undangan FIMELA FEST 2019.

Simak video berikut

#Growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓