FIMELA FEST 2019: Sebelum Mencintai Orang Lain, Penting Mencintai Diri Sendiri

Mimi Rohmitriasih09 Okt 2019, 12:45 WIB
self love

Fimela.com, Jakarta Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari tidak sedikit dari kita yang akan lebih mengedepankan orang lain dibandingkan diri sendiri. Tidak sedikit juga orang yang lebih mudah mencintai dan mengerti orang lain dibandingkan mencintai diri sendiri.

Memang, mencintai orang lain akan terasa lebih mudah. Namun, kita harus tetap belajar mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain. Dengan mencintai dan membahagiakan diri sendiri terlebih dulu, kita akan lebih mudah untuk merasa ikhlas dalam mencintai orang lain.

Melansir dari laman psychologytoday.com, ada beberapa alasan kenapa kita penting mencintai diri sendiri dulu sebelum mencintai orang lain. Dengan mencintai diri sendiri, kita akan lebih percaya diri, menghargai diri sendiri dan nyaman dengan diri sendiri. Perasaan percaya diri hingga nyaman inilah yang akan membantu kita lebih tenang dalam menjalani hidup. Kita juga akan terlepas dari rasa iri, dengki apalagi marah ke orang lain.

Alasan Kenapa Mencintai Diri Sendiri Itu Penting

self love
ilustrasi/copyright pixabay.com/Chuotanhls

Dengan mencintai diri sendiri, ini akan membantumu menerima dirimu dengan lebih baik. Ini juga akan membantumu lebih bahagia, terhindar dari stres, menyehatkan tubuh dan mendorongmu untuk memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitarmu.

Rutinitas sehari-hari tidak jarang akan membuatmu merasa bosan dan jenuh. Apalagi jika rutinitas ini bersifat sama setiap harinya. Jika dirimu berhasil mencintai diri sendiri dengan baik, rasa bosan dan jenuh dalam menjalani aktivitas sehari-hari tak akan terjadi. Ini karena dirimu yang mencintai diri sendiri cenderung bersyukur dengan apa yang dirimu punya termasuk bersyukur masih bisa melakukan berbagai aktivitas bermanfaat setiap harinya.

Mencintai Diri Sendiri Menyehatkan Fisik dan Mental

self love
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Makistock

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Psychological Science menemukan jika mencintai diri sendiri bermanfaat menyehatkan fisik dan mental. Sementara penelitian lain yang dilakukan para ahli di University of Exeter dan Oxford menemukan jika mencintai diri sendiri bisa melatih detak jantung bekerja lebih teratur sehingga menyehatkan tubuh. Menariknya lagi, orang-orang yang senantiasa percaya diri umumnya memiliki sistem imun yang baik.

Jadi Sahabat Fimela, penting bagimu untuk mencintai diri sendiri sebaik mungkin. Penting juga untuk melatih diri mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pentingnya mencintai diri sendiri atau self love, yuk datang ke Fimela Fest 2019 pada 16-17 November 2019. Akan ada Andra Alodita seorang influnecer beauty, travel, hingga gaya hidup bersama dengan Tara de Thouars, psikolog pemegang double degree lulusan BA in Psychology dari University of Queensland, Australia dan Sarjana psikologi dari Universitas Indonesia yang bakal mengupas tuntas seputar pentingnya self love.

***

FIMELA ingin mengajakmu menjadi perempuan Indonesia yang tangguh, dan terbebas dari rasa takut. Ketahuilah bahwa setiap perempuan terlahir istimewa. Yuk, Grow Fearless bersama Fimela. Segera daftarkan dirimu di sini dan dapatkan undangan FIMELA FEST 2019.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓