Jarang Disadari, Ternyata Ini Alasan Mengapa Kamu Mudah Lapar

Febi Anindya Kirana10 Okt 2019, 09:15 WIB
kesehatan

Fimela.com, Jakarta Lapar adalah respon alami tubuh ketika sedang butuh energi. Ini adalah sinyal agar kita makan sehingga makanan tersebut bisa diubah menjadi energi. Sayangnya, lapar bisa jadi dipicu karena hal-hal lain selain alasan butuh energi.

Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang merasa mudah lapar meski jarang disadari, seperti misalnya kurang tidur.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PubMed Central, Psychoneuroendocrinology menemukan bahwa orang yang kurang tidur bahkan hanya satu malam akan mengalami lebih mudah lapar secara signifikan dan makan makanan dengan ukuran porsi lebih besar hingga 14% dibandingkan kelompok yang tidur selama 8 jam per malamnya.

 

Alasan Perut Mudah Lapar Adalah Kurang Tidur

alasan perut selalu lapar
Photo by Gardie Design & Social Media Marketing on Unsplash

Penelitian lain dalam jurnal Sleep Medicine Clinics menyebutkan bahwa kurang tidur akan mengacaukan regulasi ghrelin, hormon yang menstimulasi rasa lapar atau nafsu makan. Kurang tidur membuat kadar ghrelin naik. Inilah yang menyebabkan perut merasa lebih sering lapar dan ingin ngemil banyak.

Jadi, jika merasa mudah lapar di siang hari dan sadar bahwa tadi malam kurang tidur, kini kamu tahu apa alasan sebenarnya perutmu lapar.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓