5 Tips Agar Pisau Tak Mudah Tumpul dan Karatan

Febi Anindya Kirana10 Okt 2019, 12:16 WIB
pisau dapur

Fimela.com, Jakarta Jika sering memasak, kemungkinan besra kita akan sering menggunakan pisau dapur untuk berbagai keperluan. Ketika sering digunakan, maka ketajaman mata pisau juga akan semakin berkurang. Bahkan ada kalanya pisau akan mudah karatan jika tidak dirawat dengan benar. Ini dia caranya agar pisau dapur awet tidak tumpul dan karatan.

1. Gunakan sesuai fungsinya

Setiap bentuk pisau seringkali memiliki fungsi berbeda. Jadi usahakan sebisa mungkin selalu menggunakan pisau yang sesuai, untuk buah, daging atau bahan makanan umum.

2. Cuci dan keringkan setelah digunakan

Setelah selesai memasak, jangan menaruh pisau begitu saja. Segera gosok dan cuci bersih dengan spons cuci piring, lalu keringkan dengan kain lap. Selain menjaga kebersihan, sering kontak dengan banyak bahan makanan akan cepat membuat pisau rusak.

 

3. Sering diasah

pisau dapur
ilustrasi pisau/Photo by Robert Gołębiewski from Pexels

Paling tidak satu bulan sekali pisau perlu diasah, sesuai pemakaian. Selalu sediakan alat aha di rumah jika sewaktu-waktu pisau terasa tumpul.

4. Jangan disimpan di tempat lembab

Setelah memakai dan mencucinya bersih, jangan simpan pisau di tempat lembab. Usahakan menyimpannya di area yang mudah terkena udara namun tidak terkena matahari langsung.

5. Gunakan talenan kayu

Perhatikan talenan yang dipakai, akan lebih baik jika menggunakan pisau memotong di atas alas kayu, bukan alas batu atau logam, karena alas seperti itu mempercepat pisau jadi tumpul.

Itu dia sekian cara agar pisau tidak mudah tumpul dan karatan.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓