Selain Kentang, Ini 5 Bahan Makanan yang Bisa Diolah Jadi Perkedel

Mimi Rohmitriasih21 Okt 2019, 09:15 WIB
Bahan Makanan

Fimela.com, Jakarta Kalau bicara mengenai perkedel, yang pertama akan ada di pikiran kita mungkin adalah makanan yang terbuat dari kentang dan telur dengan cita rasa gurih khas. Perkedel memiliki tekstur yang lembut karena bahan makanan untuk membuatnya dihaluskan dulu sebelum digoreng.

Mengenai perkedel, makanan ini sebenarnya tak hanya bisa dibuat dengan kentang saja. Ada beberapa bahan makanan lainnya yang bisa juga diolah menjadi perkedel enak dan sehat.

Berikut bahan makanan selain kentang yang bisa diolah menjadi perkedel.

Bahan Makanan untuk Membuat Perkedel Selain Kentang

Tahu tempe
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Tahu

Bahan makanan pertama ada tahu. Haluskan tahu kemudian campur bersama bumbu perkedel, sedikit tepung dan telur. Bentuk bulat pipih atau sesuai selera kemudian goreng dengan minyak panas hingga matang.

Tempe

Tempe juga bisa diolah menjadi perkedel yang enak. Agar rasa tempe makin nikmat dan tingkat kematangannya makin baik, usahakan untuk mengukus tempe terlebih dulu sebelum dihaluskan dan dicampur serta dicetak jadi bulatan pipih. Membuat perkedel tempe hampir sama dengan membuat perkedel kentang dan tahu.

 

Jagung hingga Umbi-Umbian

jagung muda
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Jagung

Jagung muda adalah bahan makanan yang bisa diolah menjadi perkedel selanjutnya. Perkedel dengan bahan jagung ini akan memberikan cita rasa khas yang sangat gurih, enak dan menggugah selera. Untukmu yang suka pedas, tambahkan potongan cabe di dalam adonan perkedel jagung agar rasanya makin mantap.

Bihun

Bihun juga bisa diolah menjadi perkedel yang nikmat. Buat perkedel bihun dengan campuran daun bawang, daun seledri dan wortel. Jangan lupa menambahkan sedikit tepung untuk membuat perkedel bihun lebih padat dan tidak rusak saat digoreng.

Umbi-Umbian

Umbi-umbian seperti talas atau taro dan ubi jalar bisa diolah menjadi perkedel. Saat membuat perkedel dari umbi-umbian ini, usahakan untuk mengukus dan menghaluskan umbi seperti saat kita membuat perkedel kentang.

Itulah beberapa bahan makanan yang bisa diolah menjadi perkedel selain kentang. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba membuatnya di rumah.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓