Tinggal di Dekat Laut Akan Tingkatkan Kesehatan Mental

Febi Anindya Kirana11 Okt 2019, 09:45 WIB
laut

Fimela.com, Jakarta Kita pati sudah tahu bahwa seringkali ketika liburan, orang akan memilih gunung atau laut. Hal ini ternyata tak semata-mata karena ingin mengunjungi tempat berbeda dari riutinitas, tapi ternyata memang memiliki manfaat kesehatan mental.

Orang-orang yang mengalami stres berat atau depresi biasanya adalah mereka yang hidup di tengah kota atau lingkungan rumahnya dipenuhi bangunan serta macetnya jalanan. Sedangkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Health and Place menunjukkan bahwa orang yang tinggal di tepi pantai memiliki kesehatan mental lebih baik.

Orang hidup Pinggir Pantai Lebih Sehat Secara Mental

pantai
Photo by Alifia Harina from Pexels

Survei yang dilakukan Health Survey di Inggris terhadap 26 ribu orang dewasa ini menemukan perbedaan antara kesehatan mental orang yang hidup di kota dan pinggir pantai. Orang-orang yang tinggal dekat pantai cenderung jarang mengalami depresi.

Hidup dekat alam memiliki efek yang mengejutkan terhadap kesehatan, bukan hanya memberikan asupan oksigen yang bersih dtapi ternyata juga membersihkan pikiran dan menjaga kesehatan mental.

Jadi, jika ingin menjaga kesehatan, mungkin perlu mempertimbangkan untuk pindah rumah dan hidup dekat pantai, Sahabat Fimela. 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓