Fimela Fest 2019: 3 Cara Apresiasi Bukti Mencintai Diri Sendiri

Fimela Editor11 Okt 2019, 15:00 WIB
self-love

Fimela.com, Jakarta Terlalu sibuk memikirkan orang lain, membuat kita sering kali lupa untuk mencintai diri sendiri. Selain itu, membuat kita selalu membandingkan diri dengan orang lain. Terutama kekurangan diri, padahal, itulah manusia dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Selalu mengungkit kekurangan diri sendiri dan kerap membandingkan dengan orang lain adalah bukti kamu kurang percaya diri dan kurang peduli kepada diri sendiri. Sedari kecil kita selalu diajarkan untuk menghargai orang lain, berbuat baik kepada sesama, mengatakan terima kasih dan maaf, membedakan kata "iya" dan "tidak" dan lain sebagainya.

Tapi, bagaimana dengan self-love? Akibat dari tidak diajarkannya nilai mencintai diri sendiri di masa kecil adalah merasa kurangnya apresiasi dan afeksi yang mengakibatkan depresi, anxiety, dendam, dan memandang diri sangat lemah. Inilah tiga cara untuk mengapresiasi dirimu sebagai bukti kamu mencintai diri sendiri.

Afeksi

Afeksi tidak hanya diberikan oleh orang lain saja, tapi juga diri sendiri. Kamu bisa memberikan afeksi kepada dirimu dalam berbagai bentuk, salah satunya "Pohon Afeksi".

Di sini kamu bisa membuat afeksi dalam bentuk kata untuk dirimu sendiri agar kamumerasa apa yang kamu lakukan hari ini tidak sia-sia, karena kamu sudah melakukan yang terbaik.

Caranya gampang, cukup membentuk kertas yang kamu hias menjadi sebuah pohon, lalu tempelkan label dan tulis kata-kata penyemangat dan apresiasi untuk dirimu. Coba yuk!

 

 

 

2. Berani Coba Hal Baru

self love
ilustrasi bahagia mencintai diri sendiri/Photo by Đàm Tướng Quân from Pexels

Kamu pasti pernah merasakan penat dan bosan dengan aktivitas. Apa salahnya untuk mencoba aktivitas yang tidak pernah dilakukan sebelumnya? Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan sesuai dengan minat dan keinginan.

Jika hobi makan, mungkin kamu bisa mencoba untuk hunting makanan yang hits di tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi. Kamu juga bisa istirahat sejenak dengan memilih liburan bersama orang-orang terkasih.

Selain itu, kamu bisa membangun interaksi sosial yang lebih baik untuk menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik juga, jangan menutup diri! Hidup akan lebih mudah dijalani bersama-sama orang yang kita sayangi.

 

Nikmati Hidup

self love
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Victoria Chudinova

Menikmati hidup adalah hal yang paling penting dilakukan untuk mencintai diri sendiri. Ada banyak cara menikmati hidup yang bisa kamu lakukan.

Contohnya, Berkumpul bersama teman-teman, menikmati kopi di coffee shop favorit, berlibur ke alam, dan masih banyak lagi. Jangan anggap hari-harimu selalu terasa berat.

Cobalah untuk lebih relaks dan jangan lupa berikan kata "Semangat" saat ingin mengawali harimu. Ketika kita bisa menikmati hidup, rasanya tidak ada beban yang membayangi.

Aura positif ini juga sangat berpengaruh untuk orang-orang di sekitarmu. Lalu, bagaimana caramu menikmati hidup?Jangan ragu untuk cintai dirimu! Buatlah hidup menjadi lebih berharga dengan hal-hal positif.

Fimela juga ingin mengajak kamu untuk lebih mencintai diri sendiri melalui Talkshow “Self Love and Be Good to Your Self” bersama Psikolog Andra Alodita & Tara de Thouars sebagai salah satu agenda di Fimela Fest 2019, yang akan di gelar di Gandaria City pada hari Sabtu, 16 November 2019 mulai pukul 12.40. Yuk ajak orang - orang terdekat agar lebih mencintai diri sendiri! Daftar  di sini 

(Iffah Nurahmah)

 

Simak video menarik berikut ini

#GrowFearless with FIMELA 

Lanjutkan Membaca ↓