5 Tips Membuat Kulit Martabak Telur yang Garing dan Renyah

Febi Anindya Kirana11 Okt 2019, 17:19 WIB
martabak telur

Fimela.com, Jakarta Ketika membuat martabak sendiri di rumah, seringkali kita menginginkan kulit martabak yang kulit luarnya garing dan renyah seperti yang dijual abang-abang martabak pinggir jalan. Ternyata membuatnya juga butuk teknik dan ksabaran. Ini tips membuat kulit martabak yang garing renyah di luar namun lembut di dalam.

1. Pakai tepung protein tinggi

Tepung protein tinggi sangat membantu terbentuknya adonan yang mudah kalis ketika diuleni sehingga tak membuat tangan lelah untuk menguleninya hingga lama. Adonan yang dibiarkan setelah diuleni juga akan lebih mudah elastis.

2. Uleni hingga kalis elastis

Penting sekali proses menguleni jika ingin membuat kulit martabak renbyah, tipis dan garing. Pastikan adonan sudah sukup elastis dan halus permukaannya. Langkah selanjutnya, potong-potong kecil adonan dan bulatkan lagi untuk dijadikan beberapa kulit martabak.

 

3. Rendam dengan minyak

martabak telur
martabak telur/copyright: shutterstock

Tempatkan adonan apda wadah tertentu. Oles setiap adonan dengan minyak atau pastikan terendam seluruhnya. inyak inilah yang akan membantu adonan elastis, tidak mudah sobek dan dapat ditipiskan.

4. Pipihkan hingga tipis

Setelah direndam minyak paling tidak selama satu jam, pipihkan hingga tipis sekali, baru taruh di atas wajan datar dan isi dengan isian.

5. Goreng di wajan lebar

Jika menggunakan wajan cekung memang adak susah mendapatkan kulit yang matang merata dan garing, gunakan sedikit minyak untuk menggoreng kulit yang tipis agak krispi.

Itu dia sekian cara agar mendapatkan kulit martabak yang garing dan renyah bagian luarnya. Semoga bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓