Agave vs Madu, Mana Pemanis yang Lebih Menyehatkan?

Karla Farhana14 Okt 2019, 11:30 WIB
[Fimela] Agave

Fimela.com, Jakarta Gula yang memiliki kalori lebih banyak kini sudah ditinggalkan sebagian orang. Mereka kemudian beralih menggunakan sirup agave atau madu sebagai pemanis, baik makanan dan juga minuman. 

Di antara debat mengenai jenis pemanis alami yang lebih enak dan sehat, agave dan madu merupakan dua jenis pemanis alami yang paling banyak orang gunakan. Sepertinya tidak ada salahnya kalau Sahabat Fimela melakukan pencarian lebih dalam lagi mengenai pemanis alami mana yang terbaik untuk kesehatan. 

Women's Health Magazine menulis, untuk menentukan mana pemanis alami yang lebih sehat dan aman untuk tubuh, kamu harus tahu dulu dari mana sirup agave dibuat. Agave, tulis media tersebut, ternyata bukan termasuk dalam pemanis alami. 

Menurut Sonya Angelone, RDN, sirup agave dibuat dari nektar agava. Artinya, pemanis yang dihasil merupakan processed sugar karena melalui proses yang sangat panjang. Untuk membuatnya, getah agave harus dipanaskan dan diberi enzim untuk memproduksi agave nectar sebelum dijual sebagai pemanis 'alami.' 

Sayangnya, proses yang panjang ini ternyata, menurut Sonya, menghancurkan dan menghilangkan vitamin serta mineral yang terkandung di dalam getah agave. Sehingga, membuatnya cuma sekadar gula atau pemanis halus biasa. 

 

Madu Lebih Menyehatkan

[Fimela] Ilustrasi Raw Honey
Ilustrasi Raw Honey | unsplash.com/@passthehoney

Sementara itu, madu murni, dengan segala jenisnya, telah lama dikenal sebagai obat alami yang mampu meredakan berbagai penyakit. Mulai dari sakit tenggorokan, bibir pecah-pecah dan panas dalam, hingga menjadi antioksidan bagi tubuh. 

Women's Health Magazine menulis, madu mengandung 40% fuctose dan 30% glucose. Meskipun menyehatkan dan termasuk pemanis alami, anak-anak berusia di bawah 1 thun dilaarang mengonsumsi madu. 

"Madu berbahaya untuk anak di bawah 1 tahun, karena mengandung botulism spores yang bisa membahayakan kesehatannya," kata Sonya. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓