Dari Lokal untuk Global, UMKM Siap Tembus Pasar Ekspor

Anisha Saktian Putri15 Okt 2019, 14:00 WIB
Ilustrasi belanja

Fimela.com, Jakarta Banyak produk lokal atau UMKM memiliki produk berkualitas yang dapat dijual ke mancanegara. Namun, tidak semua para UMKM paham bagaimana menjual barang mereka.

Oleh karenanya, platform e-commerce Shopee mendorong UMKM di Indonesia eskpor Malaysia dan Singapura lewat program Kreasi Nusantara "Dari Lokal untuk Global". Dalam kesempatan ini, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengapresiasi program yang diluncrukan shopee ini untuk mengembangkan UMKM di Indonesia.

"Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Shopee mendorong dari lokal global. Ini langkah berani yang perlu didukung semua pihak. Produk lokal itu banyak yang suka terutama pakaian muslim. Contohnya saja Kazakhstan sangat suka dengan pakaian muslim dari Indonesia," paparnya di acara Shopee, beberapa waktu lalu.

Namun, Enggartiasto mengatakan perlu edukasi dan kurasi jika barang eskport. Seperti dari segi kualitas, agar para pembeli puas jika barangnya yang dibeli sama seperti di gambar.

"Jangan sampai barang asli sama gambar berbeda jauh, jadi perlu kurasi dari kualitasnya. Jadi sesuai standart tidak boleh asal," paparnya.

 

5000 produk lokal

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

Handhika Jahja, Director Shopee Indonesia, mengatakan “Dari Lokal untuk Global”, saat ini ke Malaysia dan Singapura untuk lebih dari 5.000 produk lokal.

“Kami berharap untuk dapat terus merealisasikan komitmen kami dalam memberikan pengalaman berbelanja yang berkesan dan menguntungkan dengan upaya untuk dapat menjangkau basis pasar yang lebih luas lagi, tidak hanya untuk penjual, tetapi juga untuk para pengguna Shopee di seluruh Indonesia, Malaysia dan Singapore," paparnya.

Inisiatif program ekspor yang dilakukan Shopee telah beroperasi mulai dari tanggal 23 September 2019. Shopee menginisiasi upaya ini sebagai salah satu realisasi konkrit dari komitmennya untuk bisa membantu para penjual produk-produk lokal di Shopee menjangkau market yang lebih luas, yakni ke Malaysia dan Singapore.

Kreasi Nusantara adalah sebuah program yang didedikasikan untuk memamerkan rangkaian produk lokal Indonesia lintas kategori, seperti fashion, makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan, perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Kreasi Nusantara sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia, dan untuk menggerakan kemandirian digital UMKM sebagai tonggak pertumbuhan ekonomi nasional.

#Growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓