Kaya Vitamin C, Simak 4 Khasiat Buah Nanas

Karla Farhana16 Okt 2019, 18:30 WIB
[Fimela] Nanas

Fimela.com, Jakarta Nanas, buah tropis yang kaya akan vitamin dan enzim terkenal sebagai makanan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh. Terutama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menguatkan tulang. Nanas, tulis Live Science, ternyata juga bisa memperbaiki sistem pencernaan. 

Selain itu, bagi Sahabat Fimela yang sedang menjalani pola diet apa pun, nanas merupakan salah satu buah yang cocok untukmu. Pasalnya, nanas mengandung kalori yang cukup rendah. Termasuk ke dalam familia bromeliad, nanas memiliki begitu banyak manfaat untuk tubuh. Menruut ahli gizi di San Diego, Laura Flores, nanas mengandung enzim bromelain dan serat yang tinggi. Apa saja manfaat nanas lainnya untuk tubuh? 

Mengurangi  macular degeneration

Macular degeneration atau degenerasi makula, merupakan sebuah penyakit mata yang biasanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Biasanya, para manula kekurangan vitamin C dan antioksidan dalam tubuhnya, sehingga penyakit ini muncul. Dengan mengonsumsi nanas dengan rutin, gejala degenerasi makula ternyata dapat berkurang. 

 

Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi nanas
Ilustrasi nanas. Sumber foto: unsplash.com/Artem Bali.

Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi juga dapat mengurangi lemak dalam tubuh. Bukan cuma kandungan seratnya saja yang dapat membantu proses penurunan berat badan, tetapi juga enzim bromelai yang mampu mengurai protein, sehingga membantu proses pencernaan makanan yang lebih efisien. 

Cegah penyakit jantung 

Vitamin C bukan hanya membantu ketahanan tubuh dari banyak kuman dan virus di lingkungan. Tetapi, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, kandungan vitamin C ini juga membantu mencegah dan mengobati penyakit jantung. 

Meningkatkan Angka Harapan Hidup pada Pasien Kanker

nanas
nanas/copyright: unsplash/phoenix han

Tubuh yang mengalami inflamasi dalam jangka waktu yang cukup panjang biasanya berkaitan dengan kanker. Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, tulis Live Science, enzim bromelain dan proteolytic di dalam nanas telah meningkatkan tingkat kelangsungan dan harapan hidup pada binatang yang memiliki tumor. 

Penelitian ini membuka kemungkinan adanya harapan dalam proses penyembuhan kanker pada manusia meningkat dengan mengonsumsi nanas. Namun, hingga artikel ini dibuat, belum ada hasil penelitian mengenai penyembuhan kanker menggunakan nanas. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓