5 Perawatan yang Dapat Dilakukan Pengidap Gangguan Kecemasan Sosial dan Depresi

Anisha Saktian Putri17 Okt 2019, 08:30 WIB
perempuan cemas

Fimela.com, Jakarta Kabar meninggalkannya Chio Sulli, memang membuat luka mendalam bagi para penggemarnya. Ia dinyatakan sudah tidak bernyawa di apartementnya di kawasan Seongnam, Korea Selatan.

Diketahui ia bunuh diri karena depresi, Sulli sendiri pernah mengaku jika ia mengalami fobia sosial atau gangguan kecemasan sosial. Gangguan kecemasan ini dapat membuat seseorang mengalami kesulitan berbicara, urung bertemu orang baru, dan tidak nyaman menghadiri pertemuan sosial. Mereka takut dihakimi oleh orang lain hingga merasa depresi bila harus bertemu dengan orang banyak.

Sebenarnya, ada beberapa perawatan yang tersedia untuk gangguan kecemasan. Hasil perawatan akan berbeda hasilnya untuk tiap individu. Beberapa orang hanya membutuhkan satu jenis perawatan. Namun, yang lain mungkin membutuhkan lebih dari satu macam perawatan. Terkadang, penyedia layanan primer mungkin akan menyarankan obat untuk mengobati gejala yang diderita.

 

Beragam Perawatan

Trypophobia, Kumpulan Lubang Kecil yang Bikin Fobia (Master1305/Shutterstock)
Trypophobia, Kumpulan Lubang Kecil yang Bikin Fobia (Master1305/Shutterstock)

Berikut beragam pilihan pengobatan dan perawatan untuk membantu mengatasi gangguan kecemasan sosial, dilansir dari healthline.com.

1. Terapi perilaku kognitif

Terapi ini membantumu mempelajari cara mengendalikan kecemasan melalui relaksasi dan pernapasan, dan cara mengganti pikiran negatif dengan pikiran positif.

2. Terapi pemaparan

Jenis terapi ini membantumu secara bertahap menghadapi situasi sosial, ketimbang menghindarinya.

3. Kelompok terapi

Terapi ini membantumu mempelajari keterampilan dan teknik sosial untuk berinteraksi dengan orang-orang di lingkungan sosial. Berpartisipasi dalam terapi kelompok dengan orang lain yang memiliki ketakutan yang sama dapat membuatmu merasa kurang sendirian. Ini akan memberimu esempatan untuk melatih keterampilan baru melalui permainan peran.

4. Perawatan di rumah termasuk:

Menghindari kafein dari kopi, cokelat, dan soda yang ternyata adalah stimulan dan dapat meningkatkan kecemasan. Pastikan juga setiap hari tubuh mendapatkan waktu tidur yang cukup. Direkomendasikan untuk tidur setidaknya delapan jam per malam. Kurang tidur dapat meningkatkan kecemasan dan memperburuk gejala fobia sosial.

5. Menggunakan obat

Penyedia layanan kesehatan mungkin meresepkan obat yang mengobati kecemasan dan depresi jika kondisimu tidak membaik dengan perubahan terapi gaya hidup.

Obat-obatan ini tidak menyembuhkan gangguan kecemasan sosial. Namun, dapat meningkatkan gejala dan membantu pikiran untuk berfungsi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari. Diperlukan waktu hingga tiga bulan untuk pengobatan untuk memperbaiki gejala.

Obat-obatan yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk mengobati gangguan kecemasan sosial termasuk Paxil, Zoloft, dan Effexor XR. Penyedia layanan kesehatan mungkin mulai memberi dosis obat yang rendah dan secara bertahap meningkatkan resep untuk menghindari efek samping.

Simak video berikut

#Growfearless with Fimela

 
Lanjutkan Membaca ↓