Ternyata Ini 3 Fungsi Daun Kunyit dalam Masakan

Febi Anindya Kirana16 Okt 2019, 12:45 WIB
daun kunyit

Fimela.com, Jakarta Ada banyak bumbu dapur yang biasa digunakan dalam berbagai masakan Indonesia, salah satunya adalah daun kunyit. Meski tidak seumum akarnya yang berwarna kuning, namun daun kunyit sebenarnya sudah menjadi bumbu masakan sejak dulu.

Daun kunyit biasanya menjadi bumbu dalam resep masakan seperti kalio, kare, gulai, rendang, woku dan lain sebagainya yang menggunakan bumbu lengkap dan kuat. Tak banyak yang tahu bahwa ada beberapa fungsi daun kunyit dalam masakan.

1. Penyedap masakan

Daun kunyit berfungsi sebagai penyedap alami. Meski mungkin tidak seperti umami yang memiliki rasa gurih, namun daun kunyit akan memperkaya citarasa sedap masakan.

 

2. Penambah aroma

Kunyit
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Seperti kunyit yang memiliki aroma khas, daun kunyit juga memiliki aorma segar yang mampu membuat masakan menggugah selera. Meski mungkin masakan tetap baik-baik saja meski tak menambahkan bahan ini, namun aromanya jadi kurang.

3. Penghilang bau amis

Karena seringkali ditambahkan ke dalam masakan-masakan dengan bahan dasar daging, sebenarnya duan kunyit juga berfungsi menghilangkan bau tak sedap yang dapat dikeluarkan daging, baik ayam, sapi maupun kambing. Jika diremas atau diiris tipis, aromanya yang sedap dan segar akan keluar.

Nah, itu dia fungsi daun kunyit dalam setiap resep masakan nusantara. Jadi jangan remehkan daun kunyit jika kebetulan menemukannya masuk dalam resep masakan tertentu.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓