4 Langkah Menanak Nasi Merah yang Pulen

Endah Wijayanti16 Okt 2019, 14:45 WIB
nasi merah

Fimela.com, Jakarta Pernah menanak nasi merah tapi hasilnya malah keras dan tidak pulen? Sebenarnya menanak nasi merah tidaklah terlalu sulit. Hanya saja memang ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam proses menanaknya.

Ada patokan takaran yang perlu kita ikuti. Langkah-langkah menanaknya pun perlu diikuti sesuai urutan. Selengkapnya, langsung saja simak di sini cara menanak nasi merah agar pulen.

1. Siapkan Beras dan Air dengan Rasio 1:4

Air yang digunakan perlu lebih banyak. Gunakan rasio 1:4 untuk beras dan air. Misalnya, bila kita akan menanak 1 cangkir beras merah, maka gunakan 4 cangkir air untuk menanaknya. Dengan takaran yang tepat, nasi merah yang dihasilkan akan pulen dan tidak keras.

2. Beras Direndam Terlebih Dahulu

Beras merah yang akan digunakan sebaiknya direndam terlebih dahulu. Rendam beras selama sekitar 30 menit hingga satu jam. Tujuannya agar nasi yang dihasilkan nanti bisa lebih lembut.

 

 

3. Dimasak Sambil Sesekali Diaduk

nasi merah
nasi merah/copyright: shutterstock

Kita bisa saja langsung menanak nasi dengan rice cooker. Namun, bila ingin hasil yang lebih pulen kita bisa menggunakan panci biasa terlebih dahulu. Masak nasi sambil sesekali diaduk agar bagian bawahnya tidak kosong. Tutup panci dan masak sampai airnya menyusut.

4. Dikukus dengan Langseng atau Dandang

Siapkan langseng atau dandang untuk mengukus. Isi air lalu diamkan beberapa saat sampai panas. Setelah itu masukkan nasi, kemudian kukus selama sekitar 30 menit. Nasi merah siap dinikmati.

Tidak terlalu sulit bukan untuk membuat nasi merah yang pulen dan lembut? Semoga tips dan info di atas bermanfaat, ya. Selamat mencoba!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓