FIMELA FEST 2019: 4 Hal Suram yang Terjadi jika Kita Tak Mencintai Diri Sendiri

Endah Wijayanti18 Okt 2019, 09:48 WIB
stories media sosial

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri merupakan sebuah proses yang mungkin tidak sebentar. Masing-masing dari kita punya masalah hidup dan pergolakan batin sendiri-sendiri. Jika orang lain bisa begitu mudah menerima hidupnya dan mencintai dirinya, kita bisa saja masih butuh waktu lebih lama untuk berproses.

Setidaknya kita masih mau terus berusaha untuk mencintai diri sendiri. Apabila kita hanya mengutuk kehidupan dan malah menyalahkan diri sendiri, hal-hal yang kurang baik bisa menimpa kita. Di saat kita sudah tak peduli lagi pada diri sendiri, masalah yang tadinya bisa segera diselesaikan bisa semakin besar dan susah diselesaikan.

1. Terus Dihantui Rasa Cemas

Kita merasa susah tenang. Selalu dihantui kecemasan dan rasa tidak tenang. Setiap kali mengalami masalah, rasanya sulit untuk bisa benar-benar mengatasinya dengan baik. Terlebih bila kita selalu menyalahkan diri sendiri atas masalah yang terjadi, maka kita akan semakin terpuruk rasanya. Rasanya kita terus menambah beban pada diri sendiri karena kurang menghargai hidup yang kita miliki ini.

2. Sulit Menerima Cinta dan Perhatian Orang Lain

Kita sendiri tidak mencintai diri kita sendiri, maka rasanya akan sulit bagi kita untuk menerima cinta dan perhatian orang lain. Sebab kita merasa kita tak layak dan tak berhak mendapat cinta dari orang lain. Di sini kita seakan selalu merasa rendah diri. Bahkan tak mengizinkan diri sendiri untuk bahagia.

 

 

Loving yourself…does not mean being self-absorbed or narcissistic, or disregarding others. Rather it means welcoming yourself as the most honored guest in your own heart, a guest worthy of respect, a lovable companion.― Margo Anand

kepribadian
Ilustrasi./Photo by kudung setiawan on Unsplash

3. Semakin Sering Berpikir Negatif

Setiap kali ada sesuatu yang terjadi, yang kita lihat seringkali adalah sisi negatifnya. Mudah sekali bagi kita untuk melihat sisi buruk dari sesuatu. Sehingga kita jadi kesulitan untuk melihat sisi positif dari sesuatu. Hidup jadi terasa suram dan kelam. Mudah merasa stres dan tertekan sebab pikiran kita terlalu benyak diisi dengan hal-hal negatif.

4. Hidup Selalui Dibayangi Rasa Curiga

Dilansir dari yourtango.com, tidak mencintai diri sendiri bisa membuat kita terus merasa curiga dan makin perhitungan dengan apa saja yang sudah kita berikan pada semesta. Hidup kita akan selalu dibayangi rasa curiga. Saat ada orang yang memberi perhatian pada kita, kita langsung meragukan ketulusannya. Tiap kali kita mendapat sesuatu yang baik, kita merasa itu hanya keberuntungan belaka. Padahal bisa jadi semua yang kita dapat dan peroleh adalah yang memang layak untuk kita miliki.

Untuk dirimu sendiri hari ini, berterima kasihlah karena sudah bisa bertahan hingga detik ini. Semoga kesulitan dan ujian hidup yang sedang dihadapi bisa segera teratasi.

                                                                                          ***

FIMELA ingin mengajakmu menjadi perempuan Indonesia yang tangguh, dan terbebas dari rasa takut. Ketahuilah bahwa setiap perempuan terlahir istimewa. Yuk, Grow Fearless bersama Fimela. Segera daftarkan dirimu di sini dan dapatkan undangan FIMELA FEST 2019. 

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓