Selain Posesif, 3 Hal ini Wajib Kamu Hindari Saat Menjalin Hubungan

Fimela Editor21 Okt 2019, 10:30 WIB
pasangan bertengkar

Fimela.com, Jakarta Semakin dewasa, menjalin hubungan cinta dengan lawan jenis sering kali dianggap rumit. Banyak memilih malah membuat kita semakin sulit menentukan pilihan.

Padahal, hubungan akan menjadi lebih mudah dijalani jika satu sama lain mampu menerima kekurangan atau kelebihan masing–masing, saling percaya, dan saling mengerti. Tapi, rasanya tidak ada hubungan yang berjalan mulus tanpa rintangan.

Masalah–masalah yang terjadi pada sebuah hubungan ini yang kerap kali memicu perdebatan pasangan, bahkan sering kali menjadikannya sebagai alasan untuk meninggalkan. Untuk menghindari masalah yang datang di dalam hubungan, kamu wajib menghindari 3 hal ini!

1. Saling Menyalahkan

Melansir dari readersdigest.ca kamu akan selalu menyalahkan pasangan saat marah, kecewa, bosan, dikhianati, atau stres tentang hubungan. Selanjutnya, sebagai jalan keluar kamu menginginkannya sebagai orang yang harus berubah untuk meningkatkan hubungan ke arah yang lebih baik.

Hal tersebut bisa membuatnya bersikap defensif dan membuat dirimu bersikap negatif. Hasilnya? Tidak ada yang berubah. Tidak ada yang bertanggung jawab, tidak ada yang bahagia.

Kamu harus mengubah pola pikir, mencoba bersikap dewasa dengan tidak saling menyalahkan saat sedang emosi atau marah. Kamu bisa Introspeksi diri.

Ketika mengatasi kekurangan kamu sendiri dan mencari yang terbaik di dalam diri pasanganmu, ia akan merasa lebih baik karena merasa dihargai. Bukan dihukum karena kamu telah menyalahkannya.

 

 

 

 

2. Berbohong

hubungan cinta
ilustrasi pasangan/copyright Shutterstock

Kepercayaan selalu menjadi nilai tersendiri untuk pribadi seseorang. Sedangkan, di dalam hubungan kamu perlu menciptakan rasa percaya satu sama lain.

Rasa percaya ini yang menjadi dasar untuk sebuah hubungan patut dipertahankan. Jangan pernah mengakatakan hal buruk kepada pasanganmu sekalipun untuk melindungi dirimu sendiri, saat itu juga mungkin ia tak ingin lagi mempercayaimu.

Saling terbuka bisa menjadi kunci hubunganmu terhindar dari masalah. Komunikasikan segala keadaan, baik baik atau buruk kepada pasanganmu.

 

 

3. Hubungan bukan Tentang Siapa yang Menang

hubungan cinta
ilustrasi pasangan bahagia/Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Hubungan bukanlah permainan, jadi tidak ada alasan untuk menjaga reputasi diri sendiri di mata pasangan. Itu artinya, jika kamu membantu pasangan, tidak harus mengumumkannya hanya demi mendapatkan pengakuan.

Sama saja jika pasanganmu melakukan kesalahan, tidak perlu merasa perlu melawan hanya untuk membuat diri kamu terlihat lebih baik. Saling menjaga adalah bentuk kasih sayang kamu dan pasanganmu, tapi jika ingin mengejar pengakuan siapa yang lebih baik, mungkin ini adalah salah satu alasan utama mengapa beberapa hubungan tidak berlangsung lama.

Kebanyakan orang tidak suka merasa seperti pecundang dalam suatu hubungan. Ciptakan hubungan yang sehat dengan saling membutuhkan, bukan tentang siapa yang harus lebih banyak berkorban.

(Iffah Nurahmah)

Simak Video Menarik Berikut Ini

#GrowFearless with FIMELA 

Lanjutkan Membaca ↓