Ini Fungsi dan Manfaat Lengkuas Dalam Masakan

Febi Anindya Kirana18 Okt 2019, 19:36 WIB
lengkuas

Fimela.com, Jakarta Jika sering memasak, Sahabat Fimela mungkin akan menemukan bumbu dpaur bernama lengkuas. Akar tumbuhan lengkuas ini memang menjadi bumbu dapur yang cukup sering digunakan dalam berbagai masakan nusantara. Namun apa sebenarnya fungsi dan manfaatnya dalam masakan?

1. Menambah aroma makanan

Lengkuas memiliki aroma khas yang berbeda dari rempah-rempah lain. Terkadang, aroma masakan jadi jauh berbeda jika menghilangkan lengkuas dari resep yang ada. Aromanya yang tajam dan pedas mampu memberikan kesegaran pada masakan seperti pada tumisan dan olahan daging.

Fungsi Lengkuas atau Laos

cobek bumbu
ilustrasi cobek ulekan/copyright by Kerdkanno from Shutterstock

2. Menghilangkan amis

Lengkuas juga sangat ampuh membantu menghilangkan bau amis atau tak sedap pada olahan ikan seperti tom yum dan sup. Juga menghilangkan bau tak sedap pada olahan ayam dan daging seperti pada soto atau gulai.

3. Menambah rasa

Lengkuas juga berfungsi sebagai penyedap alami masakan pada berbagai olahan bersantan seperti kare, opor rendang dan lainnya. Lengkaus yang dimemarkan dan dimasak bersama bumbu lain akan menambah rasa makanan.

Jadi, jika kebetulan ada bumbu lengkuas dalam sebuah resep masakan sebaiknya jangan dihilangkan begitu saja ya, karena perannya sangat penting.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓