Mood Tidak Stabil Saat PMS Mengganggu Harimu? Atasi dengan Cara Ini

Fimela Editor21 Okt 2019, 13:00 WIB
nyeri haid

Fimela.com, Jakarta Banyak sekali macam-macam gejala menstruasi, salah satunya perubahan suasana hati atau mood swing yang merupakan masalah bulanan bagi kebanyakan perempuan. Saat Premenstrual syndrome atau PMS perubahan mood bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, karena dapat melemahkan secara emosional bagi sebagian perempuan. Melansir dari hellosehat.com penyebab mood swing adalah ketidakseimbangan hormon dan senyawa kimia otak yang berhubungan dengan pengaturan suasana hati. Ini pun tergantung pada banyak faktor berbeda. Mood swing akan hilang saat menstruasi dimulai, yaitu setelah masa ovulasi. Tapi, jika dibiarkan secara terus-menerus, mood swing ini bisa jadi merusak harimu dan mengganggu aktivitasmu. Ketahui cara mengatasinya dengan cara-cara berikut ini yang di lansir dari everydayhealth.com

1. Olahraga

Tahukah kamu, aktivitas fisik yang berlebihan dapat mengangkat suasana hati. Karena hormon endorfin (zat kimia pada otak yang bisa menimbulkan rasa senang) ketika di lepaskan saat berolahraga dapat membantu menangkal beberapa perubahan hormon yang dapat memicu PMS yang parah. Beberapa rekomendasi olahraga yang dapat kamu lakukan untuk menstabilkan suasana hatimu diantaranya, berenang, jogging, aerobic, dan juga bersepeda. 

Atasi perubahan mood saat PMS dengan cara ini

kesuburan wanita
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

2. Pola Makan

Atur pola makan untuk mengurangi makanan yang tinggi karbohidrat. Makan sedikit saja dengan porsi yang pas lebih baik untuk membantu meringankan gejala PMS daripada makanan dengan porsi banyak namun tinggi karbohidrat, sebab dapat menyebabkan perubahan gula darah, yang dapat memperburuk PMS. Gula darah rendah dapat menyebabkan mudah menangis dan lekas marah yang sering terjadi pada wanita dengan PMS yang parah. Kamu bisa makan enam kali sehari dalam jumlah yang kecil agar kadar gula darah tetap stabil.

3. Relaksasi

Relaksasi dapat membantu kamu untuk mengelola suasana hatimu sendiri. Ketenangan saat relaksasi dapat mengurangi stress dan beban yang menjadi penyebab suasana hatimu berubah. Ada banyak cara untuk melakukan relaksasi, yang paling mudah adalah menarik nafas dalam-dalam kemudian hembuskan. Saat melakukannya, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang memberikan rasa nyaman serta membuat otot-otot menjadi lebih santai. Selain itu, kamu juga bisa melakukan relaksasi lainnya seperti yoga dan meditasi.

Mood swing merupakan masalah hormonal yang sering kali terjadi saat wanita dalam masa menuju menstruasi. Kamu bisa mencoba cara di atas ketika suasana hatimu mulai berubah dan mengganggu jalannya aktivitas.

(Iffah Nurahmah)

Lanjutkan Membaca ↓