Stres Bisa Reda dengan Melakukan Ini selama 20 Menit

Endah Wijayanti27 Okt 2019, 12:15 WIB
kepribadian

Fimela.com, Jakarta Saat sedang stres, produktivitas kerja dan rutinitas kita bisa terganggu. Ada baiknya kita mengambil jeda terlebih dahulu untuk meredakan stres sebelum lanjut beraktivitas. Ada kegiatan yang cukup efektif unuk bantu redakan stresmu.

Menghabiskan waktu selama 20 menit melakukan sesuatu di alam terbuka bisa bantu menurunkan kadar hormon stres. Dikutip dari health.harvard.edu, dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Psychology yang dilakukan pada tanggal 4 April 2019, para peneliti meminta 36 orang untuk menghabiskan waktu selama 10 menit atau lebih selama tiga hari perminggu selama delapan minggu, di ruang terbuka tempat mereka bisa berdekatan langsung dengan alam. Tempatnya bervariasi, mulai dari halamn, taman, hingga area hijau di depat tempat mereka bekerja. Para partisipan juga diminta untuk berjalan atau duduk dalam momen menikmati alam terbuka tersebut.

 

 

Menikmati Waktu di Alam Terbuka

berpetualang
ilustrasi./Photo by Anthony Tran on Unsplash

Kadar kortisol (hormon stres) kemudian diukur dari dari sampel air liur yang diambil sebelum dan sesudah menikmati waktu di alam tersebut. Para partisipan juga diminta untuk tidak berolahraga dan menghindari aktivitas yang berkaitan dengan media sosial, panggilan telepon, percakapan, dan membaca.

Menghabiskan waktu selama 20 hingga 30 menit di alam terbuka ternyata bisa bantu menurunkan kadar hormon kortisol. Stres bisa menurun dan tubuh jadi lebih rileks. Jadi, bila pada suatu waktu kita merasa stres dan sedang banyak pikirn, coba luangkan waktu menikmati alam terbuka selama setidaknya 20 menit.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓