Kebiasaan Makan Seperti Ini Bantu Cegah Berat Badan Naik

Endah Wijayanti21 Okt 2019, 12:45 WIB
menjaga kolesterol

Fimela.com, Jakarta Untuk mencegah berat badan naik, kita memang perlu lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, cara atau kebiasaan makan kita juga perlu diperhatikan supaya berat badan kita tidak gampang naik.

Ada istilah yang namanya mindful eating. Dilansir dari food.ndtv.com, mindful eating adalah proses mengonsumsi makanan secara perlahan. Misalnya, saat mengonsumsi telur dadar, maka fokuslah dalam mengonsumsi telur itu. Sebisa mungkin tak perlu memikirkan hal lain atau makanan lain.

Mindful eating mendorong kita untuk mengunyah makanan perlahan dan menelannya dengan perlahan juga. Dengan cara ini, kita bisa membantu "menyampaikan pesan" pada otak bahwa kita sedang mengisi perut dan tubuh berproses untuk menyerap nutrisi. Dalam mindful eating, kita perlu menghindari berbagai pengalih perhatian seperti menonton televisi atau bermain ponsel.

 

 

Mindful Eating

tips makan sehat
Makan./Copyright pujislab/Shutterstock.com

Proses pencernaan terjadi dengan koordinasi usus dan sistem saraf. Butuh waktu 20 menit bagi otak untuk menerima rasa kenyang. Dengan kata lain, jika kita makan terburu-buru, otak bisa terhambat menerima sinyal kenyang ketika kenyataannya kita sudah makan kebanyakan. Sedangkan bila kita makan dengan perlahan, nafsu makan kita bisa lebih terkendali dan terhindar dari makan terlebih sehingga tidak berisiko berlebihan dalam mengonsumsi makanan.

Bila kita sedang berusaha untuk menjaga berat badan agar tidak naik, usahakan untuk menerapkan kebiasaan mindful eating ini. Strategi makan perlahan dan mengunyah makanan pelan-pelan bisa menjadi kebiasaan yang sangat membantumu untuk menjaga pola makan yang lebih sehat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓