Ini Manfaat Olahraga Pagi Jika Kamu Punya Risiko Diabetes

Febi Anindya Kirana22 Okt 2019, 09:04 WIB
olahraga

Fimela.com, Jakarta Punya riwayat keluarga mengalami diabetes tentu membuat seseorang ingin menjaga kesehatan tubuhnya lebih baik sehingga tak perlu mengembangkan diabetes dalam tubuhnya. Dan mungkin salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan sarapan setelah olahraga pagi.

Sarapan menjadi waktu makan yang penting dalam menentukan kadar gula darah pagi hari, dan orang dengan diabetes akan lebih rentan mengalami kenaikan kadar gula darah jika tak melakukan kebiasaan yang benar di pagi hari.

Nyatanya, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menemukan bahwa sarapan setelah melakukan olahraga pagi mampu menjaga kestabilan gula darah.

Olahraga Pagi Sebelum Sarapan Jaga Gula Darah

makan makanan
ilustrasi makan makanan/Photo by Louis Hansel on Unsplash

Hal ini memungkinkan karena tubuh lebih dulu melakukan aktivitas fisik yang membakar lemak sehingga tubuh menerima makanan memang dalam keadaan sedang membutuhkan energi. Makanan yang masuk sebagai sarapan akan langsung dibuah menjadi energi dan langsung digunakan, tidak sampai perlu memicu insulin agar makanan disimpan dalam waktu lama.

Peneliti Javier Gonzalez, Ph.D., mengungkapkan bahwa orang yang sering olahraga pagi sebelum sarapan memiliki respon lebih baik terhadap insulin dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jadi, jika punya risiko diabetes, sepertinya olahraga pagi sebelum sarapan bisa diterapkan ya ladies. 

Fimela ingin mengajakmu untuk lebih inspiratif dan positif dengan mengikuti berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini. 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓