Sukses

Lifestyle

WeLearn, Tempat Belajar Bisnis Bagi Perempuan

Fimela.com, Jakarta Usaha mikro kecil menengah (UMKM) memegang peranan penting bagi perekonomian dengan kontribusi yang tinggi bagi pendirian bisnis (99%) dan PDB (60%) di tahun 2018. Jumlah UMKM di tahun 2018 mencapai 57,83 juta dan 60% diantaranya dikelola oleh perempuan atau setara dengan 37 juta perempuan wirausaha.

Namun, masih banyak perempuan-perempuan yang masih bingung untuk memulai hingga mengembangkan bisnis mereka. Melihat hal ini, UN Women dan Sunlight dari Unilever, meluncurkan WeLearn, platform belajar online yang bertujuan untuk meningkatkan kesempatan belajar yang setara, serta melakukan pemberdayaan untuk perempuan yang ingin memulai atau mengembangkan bisnisnya melalui pengembangan keterampilan.

Platform belajar online WeLearn dari UN Women menawarkan materi pembelajaran gratis berbasis keterampilan, disesuaikan dengan kebutuhan belajar perempuan, serta akses ke komunitas belajar. Dirancang bersama dengan perempuan wirausaha dan bekerja sama dengan pakar industri, kurikulum WeLearn tersedia dalam berbagai format untuk membantu perempuan dalam menjalankan dan menyelesaikan materi dan modul yang ada, disesuaikan dengan kemampuan menyelesaikan dan ketersediaan waktu yang dimiliki.

"Melalui WeLearn, kami akan menyediakan kesempatan belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan melakukan pemberdayaan perempuan agar mereka dapat mengubah kehidupannya, dalam keluarga, dan komunitas,” ucap Jamshed Kazi, UN Women Indonesia Representative di Jakarta, Selasa (22/10).

Pemberdayaan 5,000 perempuan

Memulai WeLearn di Indonesia, kerja sama antara UN Women dan Sunlight bertujuan untuk melakukan pemberdayaan terhadap sedikitnya 5,000 perempuan wirausaha dan perempuan yang ingin berwirausaha yang berlokasi di Jakarta, Yogyakarta, dan Malang. Sebagai langkah awal, platform WeLearn menyediakan materi terkait wirausaha yang ditujukan kepada perempuan yang ingin belajar mengenai bagaimana menyiapkan dan memulai bisnis mereka. WeLearn telah diuji coba oleh perempuan wirausaha untuk mengetahui aksesibilitas dan apakah platform tersebut ramah bagi pengguna.

“WeLearn platform berguna dan relevan, khususnya bagi mereka yang baru saja memulai usaha karena materi pembelajarannya sangat berguna sebagai panduan dalam berbisnis," Widya Esthi Riany yang memiliki bisnis pasta dan partisipan dari uji coba.

Dalam beberapa bulan ke depan, WeLearn akan menawarkan lebih banyak materi terkait wirausaha dan kepemimpinan bagi perempuan yang tertarik untuk mengembangkan bisnisnya.

Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi welearn.unwomen.org untuk mempelajari mengenai bisnis, khususnya untuk para perempuan.

 

#Growfearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading