3 Langkah Membuat Nasi Pandan yang Gurih

Endah Wijayanti25 Okt 2019, 07:47 WIB
nasi uduk hijau

Fimela.com, Jakarta Ingin menikmati nasi yang berbeda dari biasanya? Coba bikin nasi pandan yang gurih. Selain warna hijaunya yang cantik, nasi pandan ini juga memiliki aroma dan rasa yang sedap.

Untuk membuatnya, ada sejumlah langkah yang perlu diikuti. Dengan nasi pandan ini, kita bisa menikmatinya dengan berbagai lauk favorit kita. Selengkapnya, berikut empat langkah membuat nasi pandan yang gurih.

1. Daun Pandan Diblender dengan Sedikit Air

Untuk memasak 500 gram nasi putih, kita bisa menggunakan 100 ml air, 500 ml santan kelapa, dan 15 lembar daun pandan. Daun pandan ini yang digunakan untuk memberi warna hijau alami pada nasi. Daun pandan perlu diblender terlebih dahulu dengan sedikit air, kemudian disaring. Air hasil saringan ini yang kita pakai untuk menanak nasi.

2. Tambahkan Serai, Garam, dan Daun Jeruk

Penggunaan santan kelapa bisa memberi cita rasa gurih pada nasi yang dimasak. Selain itu, agar aromanya makin sedap dan rasanya lebih gurih, kita bisa menambahkan 1 batang serai, 1 sdm garam, 3 lembar daun salam, dan 4 lembar daun jeruk untuk 500 gram beras. Semua bahan itu ditambahkan pada nasi yang akan ditanak.

3. Nasi yang Setengah Matang Diaduk-aduk Sebentar

Kita bisa menggunakan rice cooker untuk menanak nasi. Ketika nasi sudah setengah matang, kita bisa mengaduk-aduknya sebentar, lalu tutup kembali agar matang. Dengan mengaduk-aduknya sebentar, nasi akan matang sempurna.

Cukup mudah bukan untuk membuatnya? Semoga infonya bermanfaat, ya.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA