4 Kebiasaan Mudah yang Bisa Dilakukan Setiap Hari agar Tak Cepat Gemuk

Endah Wijayanti26 Okt 2019, 10:15 WIB
sarapan protein

Fimela.com, Jakarta Untuk menjaga berat badan agar tidak gampang gemuk, kita memang perlu memiliki kebiasaan harian yang baik. Bagi yang sedang berusaha menurunkan berat badan tapi masih bingung mau memilih pola diet yang seperti apa, bisa memulainya dengan menerapkan sejumlah kebiasaan mudah yang baik untuk kesehatan.

Ada empat kebiasaan mudah yang bisa diterapkan setiap hari untuk menjaga berat badan agar lebih ideal. Tak perlu membuat diri kita kelaparan sebab tubuh tetaplah butuh nutrisi dan gizi seimbang agar kesehatan terjaga. Berikut empat kebiasaan yang bisa diterapkan agar tubuh tidak gampang gemuk.

1. Selalu Konsumsi Protein

Sebaiknya selalu hadirkan protein dalam setiap makan besar yang kamu konsumsi. Dilansir dari food.ndtv.com, protein adalah bagian penting dari pola makan sehat. Protein bisa membuat kita kenyang lebih lama dan menurunkan lemak tubuh total. Sumber protein yang paling mudah didapat adalah telur yang dapat kita konsumsi tiap hari.

2. Batasi Karbohidrat Rafinasi dan Gula

Bagi yang suka minum minuman manis atau bergula, maka mulai dari sekarang perlu menguranginya. Batasi konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat rafinasi, seperti aneka tepung. Makanan dan minuman yang terlalu manis juga sebaiknya dihindari.

 

3. Batasi Makanan Berminyak atau Aneka Gorengan

perempuan makan
ilustrasi./copyright by Twinsterphoto from Shutterstock

Ini mungkin yang paling sulit untuk dilakukan. Membatasi konsumsi makanan berminyak dan aneka gorengan perlu dilakukan karena kandungan lemak pada makanan yang digoreng adalah lemak trans. Lemak trans ini bisa meningkatkan risiko inflamasi dan kerusakan radikal bebas.

4. Selalu Cukupi Kebutuhan Air Putih

Air putih adalah cairan yang paling penting dan baik untuk dikonsumsi. Air juga bisa berperan sebagai penahan nafsu makan alami. Sehingga sangat membantu usaha untuk menurunkan berat badan.

Imbangi juga dengan olahraga setidaknya empat kali per minggu untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Selain bantu menjaga kesehatan tubuh, olahraga juga dapat membuat kita merasa lebih bahagia karena endorfin yang dilepaskan oleh tubuh kita. Yuk, kita jalani hidup dengan kebiasaan yang lebih baik demi kesehatan dan kebugaran tubuh serta pikiran kita.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓