Tingkatkan Pembelajaran tentang Kewirausahaan Buat Perempuan Lewat Aplikasi Pendidikan Online

Karla Farhana25 Okt 2019, 19:00 WIB
[Fimela] Pendidikan Perempuan

Fimela.com, Jakarta Dunia kewirausahaan mulai terbuka bagi perempuan Indonesia. Sayangnya, masih banyak kendala yang mereka alami, terutama dalam mengakses pendidikan dan ilmu mengenai kewirausahaan itu sendiri. Menurut Jamshed Kazi, UN Women Indonesia Representa, perempuan wirausaha masih menghadapi tantangan dalam emngakses pengembangan keterampilan yang mendukung kesuksesan usaha mereka. 

“Terlepas dari kemajuan pemberdayaan ekonomi perempuan, perempuan wirausaha masih menghadapi tantangan dalam mengakses pengembangan keterampilan, menemui hambatan dalam mendapatkan modal untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka, serta dalam mengakses jaringan bisnis. Hal ini sebagian besar terjadi karena norma dan budaya yang bersifat diskriminatif terhadap perempuan," jelasnya. 

Untuk dapat meningkatkan akses dan kesempatan perempuan untuk berwirausaha, UN Women dan Sunsilk meluncurkan sebuah platform pendidikan online mengenai kewirausahaan buat perempuan Indonesia. 

 

Menargetkan 5.000 perempuan wirausaha di Jakarta, Yogyakarta, dan Malang, platform yang dinamakan WeLearn ini menghadirkan 2 macam pelatiha untuk membantu calin perempuan wirausaha untuk mempersiapkan dirinya memulai sebuah bisnis. Dalam beberapa bulan ke depan, platform ini akan dikembangkan dengan lebih banyak pelatihan lain utnuk bisnis dan juga kepemimpinan bagi mereka yang ingin lebih mengembangkan bisnisnya. 

WeLearn merupakan sebuah platform belajar online yang diciptakan untuk meningkatkan kesempatan belajar yang setara. Lewat WeLearn ini pula pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan akan menjadi lebih berkembang. Bukan hanya soal teori-teori bisnis saja, tetapi perempuan Indonesia juga akan diajarkan bagaimana mengembangkan keterampilan mereka. 

 

 

Materi Pembelajaran Gratis Buat Perempuan

[Fimela] Pendidikan Perempuan
Pendidikan Perempuan | unsplash.com/@bethlaird

Bukan hanya menyediakan pembelajaran yang lengkap, WeLearn juga menawarkan materi pembelajaran gratis berbasis keterampilan, yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar mereka. Tak cukup hanya mempelajari keterampilan di dunia bisnis, platform ini juga menyediakan akses komunitas belajar, sehingga perempuan Indonesia dapat saling berinteraksi, mendukung satu sama lain, dan saling bertukar ide dan pengalaman. 

WeLearn dirancang bersama perempuan wirausaha dan pakar industri untuk membuat kurikulum yang tersedia dalam berbagai format untuk membantu mereka menjalankan dan menyelesaikan materi serta modul yang sudah disediakan. 

Sebelumnya, Unilever dan UN Women telah bekerja sama sejak 2015 untuk melakukan pemberdayaan perempuan di seluruh dunia. Kolaborasi kali ini merupakan bentuk kerjasama terbaru yang diharapkan akan memperkuat upaya bersama Unilever dan UN Women untuk mendukung hak-hak perempuan dan kesetaraan dalam mendapatkan peluang dalam bidang ekonomi. 

 

#Growfearless with FIMELA

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif dengan lewat berbagai kelas menarik di Fimela Fest 2019. Yuk, daftarkan dirimu di sini!

Lanjutkan Membaca ↓