Meski Pedih di Mata, Ini Manfaat Kesehatan Makan Bawang Merah

Febi Anindya Kirana26 Okt 2019, 14:40 WIB
bawang merah

Fimela.com, Jakarta Orang pasti akan merasakan matanya pedih jika memotong bawang merah. Ini karena kandungan sulfur yang menguap dan mengenai mata sehingga mata terasa pedih dan memicu keluarnya air mata. Namun meski bau dan membuat mata pedih, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat jika mengonsumsi bawang merah.

1. Mencegah kerusakan sel-sel tubuh

Bawang merah mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi sangat baik melawan radikal bebas sehingga tidak mengoksidasi sel-sel tubuh dan merusaknya. Antioksidan dalam bawang merah juga mampu mencegah inflamasi dalam tubuh yang jadi penyebab banyak penyakit.

2. Mengurangi gejala alergi

Bawang merah bisa jadi obat anti alergi alami karena mengandung senyawa quercetin, flavonoid yang membantu mengurangi dan melawan gejala alergi ketika tubuh melepaskan histamine, komponen yang memicu pembengkakan, gatal-gatal di kulit dan mata berair.

3. Anti mikroba

Ilustrasi kerokan pakai bawang merah (iStockphoto)
Ilustrasi kerokan pakai bawang merah (iStockphoto)

Bawang merah membantu menjaga lingkungan sehat di dalam sistem pencernaan karena sifatnya yang anti mikroba. Kandungan organosulfur pada bawang merah bersifat anti bakteri, anti jamur dan anti virus sehingga sangat baik pula meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

4. Peredaran darah lancar

Knadungan organosulfur dan antioksidan dalam bawang merah yang tinggi bekerja sama untuk menjaga peredaran darah yang lancar. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi bawang merah bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Itu dia sekian manfaat sehat makan bawang merah. Jadi jika ada bawang merah di setiap resep masakan, meski membuat mata pedih, ingat bahwa bumbu dapur ini juga membawa banyak manfaat untuk tubuhmu ya, Sahabat Fimela.

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓