Fimela Fest 2019: Studi Menunjukkan Pasangan Milenial Kerap Bicarakan Masalah Keuangan, Kenapa?

Karla Farhana29 Okt 2019, 19:00 WIB
[Fimela] Menabung

Fimela.com, Jakarta Milenial kerap dibandingkan dengan generasi X, termasuk dalam masalah keuangan dan karakteristik sikap mereka. Dibandingkan dengan generasi X, tulis CNBC, milenial cenderung lebih terbuka dalam mendiskusikan persoalan finansial mereka dengan pasangan mereka. Ternyata, hal ini justru membuat milenial lebih bahagia. 

Ada banyak faktor dalam sebuah hubungan romansa yang berhasil. Salah satu yang menjadi penentunya, keuangan. CNBC menulis, 9 dari 10 pasangan milenial dilaporkan sangat bahagia menjalin kasih dengan pasangannya. 

Mereka yang bahagia itu ternyata sebagian besar membicarakan soal keuangan mereka, bukan hanya masalah, tetapi perencanaan keuangan mereka di masa depan. Mereka yang berbahagia ini merupakan pasangan yang menjalani hubungan serius dan berkomitmen. 

"Kita ada di dunia yang lebih baik dibandingkan dahulu, karena pasangan-pasangan muda memiliki keinginan dan lebih terbuka utuk berdiskusi mengenai masalah keuangan," kata psychotherapist dan relationship expert, Dr. Jane Greer kepada CNBC Make It. 

Tidak Takut Mengaku Memiliki Utang

[Fimela] Menabung
Menabung | unsplash.com/@sharonmccutcheon

Utang memang jerat yang sungguh jahat. Para generasi di atas generasi Y dan Z biasanya akan malu ketika orang lain tahu mengenai utang yang dimilikinya, baik kepada bank, teman, dan orang lain. Sementara, milenial justru lebih transparan. Sebanyak 97% dari mereka membicarakan soal masalah keuangannya paling tidak sebulan sekali. 

Menurut Greer, milenial bahkan lebih jujur dan terbuka kepada teman-teman dan keluarganya ketika mereka memiliki utang, bahkan utang karena penggunakan kartu kredit. 

"Semakin kamu terbuka dan jujur, kamu merasa semakin kuat dan mampu untuk menentukan keputusah soal keuangan. Juga, pilihan yang penting untuk dirimu sendiri, dari pada merasa terkekang dan dikontrol oleh pasangan masing-masing," jelasnya. 

***

Penasaran bagaimana menjadi milenial yang melek soal keuangan? Pastikan kamu hadir di Financial Planner Talkshow: “Gaji Pas-pasan, Tapi Ingin Gaya, Bagaimana Mengatur Keuangannya” bersama Prita Hapsari Ghozie di Fimela Fest 2019. Yuk, daftarkan dirimu di sini!

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓