6 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Pesta Belanja Online Single's Day

Ayu Puji Lestari31 Okt 2019, 15:45 WIB
Belanja Online

ringkasan

  • Ikuti program flash sale
  • Gunakan situs pembanding harga
  • Manfaatkan kode promo atau cashback
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Tanggal 11 November diperingati sebagai Singles Day yakni sebuah perayaan bagi para lajang. Asal-usul perayaan singles day konon berawal dari sekelompok mahasiswa jomblo di Universitas Nanjing China yang memulai tradisi perayaan hari jomblo pada tanggal 11 November di era 1990-an. Kemudian di tahun 2009, marketplace raksasa Alibaba berhasil menyulap Singles day menjadi parade belanja online penuh diskon yang rutin digelar setiap tahun di beberapa negara salah satunya Malaysia, Singapura dan Indonesia.

Lalu apa saja yang harus kamu persiapkan? Dirangkum dari release yang diterima FIMELA (31/10) dari CupoNation, berikut ini adalah 6 hal yang perlu diperhatikan saat Pesta Belanja Online Single's Day.

Pantau situs-situs yang ikut berpartisipasi dalam 11.11

Sebelum gelaran pesta belanja online 11.11 berlangsung ada baiknya untuk mencari tahu tentang ritel-ritel yang ikut berpartisipasi serta penawaran yang akan diberikan. Cek situs resmi marketplace favoritmu secara berkala, karena peritel memberikan diskon besar-besaran demi memeriahkan singles day dengan jadwal yang berbeda. Hal ini juga akan memberikan gambaran tentang diskon, promo dan kategori produk yang masuk dalam daftar penawaran dari masing-masing toko online. Ini akan memudahkan kamu dalam menyeleksi toko online yang menawarkan promo sesuai dengan kebutuhan.

Subscribe email

Ilustrasi Belanja Online
Ilustrasi Belanja Online (Foto: Pixabay.com)

Setelah mengetahui daftar toko online yang ikut berpartisipasi pada pesta belanja 11.11, gunakan feature subscribe newsletter melalui email agar selalu mendapat kabar terupdate tentang promo dan diskon yang sedang berjalan. Feature ini juga akan memudahkanmu dalam memantau jadwal promo dari kampanye 11.11 yang digelar oleh masing-masing toko online. Selain itu, kamu juga tidak akan ketinggalan promo dadakan yang digelar oleh toko online yang telah di subscribe.

Ikuti program flash sale

Flash sale merupakan sebuah program dimana produk tertentu akan ditawarkan dengan harga yang super murah namun dengan jumlah terbatas. Ditambah lagi produk yang ditawarkan merupakan barang-barang yang sering menjadi incaran para pemburu diskon. Ketepatan waktu merupakan salah satu kunci sukses dalam berburu produk flash sale saat pesta belanja 11.11. Oleh karena itu catat jadwal flash sale yang dirilis oleh toko online melalui situ resmi atau email newsletter. Agar lebih mudah, gunakan fitur notifikasi pengingat atau reminder agar kamu tetap siaga sebelum flash sale dimulai.

Gunakan situs pembanding harga

Ilustrasi belanja online
Ilustrasi belanja online. Sumber foto: unsplash.com/Mein Deal.

Jika produk yang diincar tidak masuk dalam daftar flash sale, maka cara lain untuk mendapatkan barang dengan harga termurah ialah dengan menggunakan situs pembanding harga. Setiap toko online cenderung menawarkan produk yang sama dengan harga yang berbeda. Situs pembanding harga seperti Pricearea dan Priceza dapat menampilkan urutan harga barang dari yang termurah hingga termahal. Ini akan membantumu untuk lebih cermat dalam memilih toko online yang menawarkan barang incaran dengan harga termurah.

Manfaatkan kode promo atau cashback

Setelah selesai berburu barang diskon dan menambahkannya ke dalam daftar check-out, masih ada cara lain untuk membantumu untuk semakin hemat saat pesta belanja online 11.11. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan kode promo atau cashback yang dapat digabungkan. Gunakan situs berhemat untuk berburu kode promo yang dapat diaplikasikan pada saat check out, dimana kamu akan mendapatkan potongan langsung pada total belanja atau cashback setelah transaksi selesai. Biasanya situs berhemat memberikan kode kupon dengan jangka waktu tertentu, oleh karena itu kode kupon harus diaplikasikan sebelum masa waktunya berakhir.

Simpan bukti pembayaran

Mengingat besarnya atensi masyarakat Indonesia terhadap pesta belanja online 11.11, maka tidak heran jika jumlah transaksi akan meningkat tajam dibanding hari-hari biasa. Selalu simpan salinan pesanan dan bukti transaksi yang dilakukan sampai kamu menerima barang yang telah dipesan. Ini akan melindungimu dari hal-hal yang tidak diinginkan jika ada masalah dengan proses pemesanan.

Bagaimana Sahabat Fimela, sudah siap untuk belanja?

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓