Penelitian Menemukan, Hidup Dekat Hutan Membuat Pikiran Tenang

Febi Anindya Kirana03 Nov 2019, 13:43 WIB
kesehatan

Fimela.com, Jakarta Alam memang sangat dibutuhkan manusia, bisa dibilang manusia sangat bergantung pada alam bahkan untuk masalah kesehatan fisik dan mental. Penelitian menyebutkan bahwa sering menikmati alam seperti hutan mampu memberikan ketenangan pikiran dan kesehatan mental yang baik.

World Health Organization (WHO) sendiri menyebutkan bahwa alam atau ruang hijau berfungsi sangat penting di dalam ekosistem perkotaan karena mampu menjaga kesehatan mental orang-orang yang tinggal di kota yang melelahkan, penuh kepadatan dan polusi.

Hutan Memberikan Efek Relaksasi

hutan
Photo by Andalucía Andaluía on Unsplash

Banyak penelitian membuktikan bahwa secara psikologis, jalan-jalan di hutan atau memiliki ruang terbuka hijau di rumah mampu meningkatkan kesehatan mental seperti melepaskan stres, menenangkan diri, dan mengurangi kecemasan. Semakin sering berinteraksi dengan alam, maka semakin baik kesehatan tubuh.

Jalan-jalan menikmati pemandangan bahkan mampu meningkatkan kepuasan dalam hidup, lebih menikmati apa yang dimiliki dan lebih jarang merasa frustasi. Jadi, jangan melulu ke mall atau pergi ke cafe, cobalah jalan-jalan sederhana ke kebun, taman atau alam yang penuh tanaman jika ingin sehat.

Tidak harus selalu lari ke hutan, karena jala-jalan sederhana di sekitar rumah dengan banyak tanaman yang tenang saja sudah mampu memberi perbedaan terhadap kesehatan mental, ladies.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓