Ini Alasan Unik Mengapa Jadi Sering Buang Air Besar Setiap Bulan

Febi Anindya Kirana01 Nov 2019, 15:27 WIB
sakit perut

Fimela.com, Jakarta Ada kalanya kesehatan tubuh mengalami banyak perubahan di waktu tertentu, seperti mislanya yang sering dialami permepuan setiap bulannya. Perempuan memiliki siklus bulanan yang disebur menstruasi, dan ternyata hal ini bisa memengaruhi sistem pencernaan.

Banyak orang merasa dirinya jadi lebih sering buang air besar namun tak menyadari bahwa hal itu dipicu karena menstruasi. Seperti disebutkan ahli gastroenterologi Kyle Staller, MD, dalam Women's Health bahwa banyak perempuan yang akan menstruasi atau tengah mengalaminya akan mengalami buang air besar lebih sering karena pengaruh hormon.

Menstruasi Membuat Tubuh Sering Buang Air Besar

pembalut menstruasi
By La corneja artesana

Perubahan hormon selama siklus menstruasi terutama progesteron, sangat memengaruhi frekuansi buang air besar. Beberapa perempuan bahkan sering mengalami diare selama menstruasi, dan hal ini sangat normal.

Bukan hanya perubahan hormon, alasan lain yang juga memicu seringnya buang air besar selama menstruasi adalah kram atau nyeri di belakang punggung yang menyerupai rasa nyeri ingin buang air besar. Ketika tubuh dehidrasi, rasa kram atau nyeri ini akan semakin kuat.

Jadi, kini kamu tahu kan alasan mengapa kamu jadi lebih sering buang air besar?

Fimela ingin mengajakmu untuk lebih inspiratif dan positif dengan mengikuti berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓