Khasiat Diet dengan Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan

Vinsensia Dianawanti05 Nov 2019, 09:30 WIB
Minum air putih

Fimela.com, Jakarta Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan diet. Beragam jenis diet pun bermunculan dengan menawarkan progres menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Namun jenis diet yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh.

Salah satu jenis diet yang bisa dilakukan adalah dengan air putih. Ya! Selain hidrasi, air putih mampu menjalankan perannya untuk membantu proses penurunan berat badan. Bagaimana bisa?

Menurut Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi., Sp.G.K., selaku Ketua Indonesian Hydration Working Group bahwa air putih memiliki peran yang cukup besar untuk menurunkan berat badan.

"Kalau yang diet, sebelum dia makan, minum air putih dulu. Sehingga yang tadinya kita craving, lapar sekali, tapi kalau lambung kita sudah diisi dulu dengan air, maka akan menurun tingkat rasa laparnya," ungkap Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi., Sp.G.K.

 

Mengontrol kecepatan dan jumlah makanan yang dikonsumsi

Minum Air Putih
Ilustrasi Minum Air Putih/copyright shutterstock.com

Ketika tingkat rasa lapar menurun, kita menjadi lebih mampu mengontrol kecepatan dan jumlah makanan yang dikonsumsi. Air putih sendiri bisa menjadi pengganjal lapar di antara waktu makan.

Cukup dengan satu gelas penuh, sudah cukup membuat perut kenyang sementara sembari menunggu waktu makan berikutnya. Sebagai perbandingan, bagi kamu yang suka camilan tentu akan cenderung memakan gorengan ketika lapar. Di mana gorengan sendiri memiliki 200 kalori. Namun jika diganti dengan air putih, maka kamu sudah kehilangan 200 kalori lebih mudah.

Selain menurunkan berat badan, diet dengan air putih juga membantu memenuhi kebutuhan stubuh akan air putih setiap harinya.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019!

Lanjutkan Membaca ↓