Urutan Lahir Bisa Prediksi Kesehatan, Anak Kedua Rentan Minder dan Depresi!

Febi Anindya Kirana07 Nov 2019, 10:15 WIB
anak kedua

Fimela.com, Jakarta Urutan lahir mungkin bukan hanya menentukan hirarki dalam keluarga namun juga bisa mengungkapkan banyak hal. Selama ini mungkin urutan lahir, entah itu anak pertama, kedua atau terakhir hanya bisa mengungkap kepribadian, tak banyak yang tahu bahwa ternyata juga bisa memprediksi kondisi kesehatan.

Dikatakan Frank J. Sulloway, PhD, author of Born to Rebel dalam Prevention.com bahwa anak kedua atau anak tengah cenderung memiliki kepercayaan diri (self-esteem) yang rendah dibandingkan kakak ataupun adiknya.

Anak Kedua Rentan Depresi

kakak adik
ilustrasi saudara/copyright Shutterstock

Penelitian yang dilakukan di University of Wisconsin menyebutkan bahwa orangtua memberikan lebih sedikit perhatian pada anak tengah dan bahkan menghabiskan lebih sedikit uang untuk mereka dibandingkan kakak pertama atau adik bungsunya.

Kurangnya kasih sayang ini membuat psikologis anak lebih rentan mengalami stres. Bahkan penelitian dari University of Pennsylvania menemukan bahwa anak kedua atau yang dilahirkan sebagai anak tengah secara signifikan lebih banyak mengembangkan gejala depresi.

Jadi hati-hati menjaga kesehatan mental ya jika Sahabat Fimela dilahirkan sebagai anak tengah, dan bagi perhatian yang adil jika memiliki anak tengah dalam keluarga.

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓