Sukses

Lifestyle

Dibesarkan Ibu Tunggal Membentuk Pribadiku Jadi Perempuan Tangguh

Fimela.com, Jakarta >

Memiliki sosok pahlawan yang sangat berjasa dalam hidupmu? Punya pengalaman titik balik dalam hidup yang dipengaruhi oleh seseorang? Masing-masing dari kita pasti punya pengalaman tak terlupakan tentang pengaruh seseorang dalam hidup kita. Seperti pengalaman Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba My Hero, My Inspiration ini.

***

Oleh: Mariani - Medan

Pikirku pun melayang,

Dahulu penuh kasih

Teringat semua cerita orang

Tentang riwayatku

-Bunda

Yeah, I’m broken home child. Masih terbayang, bagaimana cara perpisahan yang terjadi di antara dua orang yang dicintai oleh ketiga anaknya. Tidak dengan cara yang begitu baik. Kalau baik-baik tidak akan berpisah, right? Setelah perpisahan itu terjadi, tidak ada lagi tanggung jawab dari dia yang kupanggil, "Papa." Lalu biaya hidup untuk ketiga anaknya? My mom is my dad too.

Setelah itu, kami berempat tinggal bersama nenek dan kakekku. Di sebuah rumah yang sederhana dan sangat nyaman dan penuh dengan kasih sayang. Dan bagaimana cara mama memenuhi kebutuhan kami? Mama bekerja mengantar jemput anak sekolah. Dan untungnya aku memiliki paman-paman yang sangat menyanyangi kami seperti anak-anak mereka.

Mama bekerja tanpa kata lelah untuk membahagiakan kami, anak-anaknya. Hingga saat aku beranjak remaja, terkadang aku pun merasa bahwa aku kekurangan kasih sayangnya. Dan memilih untuk menyendiri dan mengasingkan diri dari orang-orang sekitarku. Aku lebih memilih berdiam diri di dalam kamar, tanpa ada yang tahu apa yang sedang aku lakukan. Aku sering bergonta-ganti pasangan hanya untuk membuat hari-hariku tidak membosankan. Semua aku lakukan hingga aku mulai memasuki dunia kerja.

Mama adalah Sosok Tangguh

Setelah aku lulus dari sekolah, dan memulai kehidupanku dengan mulai bekerja, aku mulai menyadari, bagaimana rasa letih, lelah, dan capeknya di saat mama harus bekerja sendiri hanya untuk memenuhi kebutuhan kami. Dan capeknya akan hilang disaat aku melihat senyuman mama yang begitu mekar di wajahnya.

Aku selalu terinpirasi dari mama yang selalu mempunyai segala cara untuk membuat anaknya hidup layak. Terima kasih Ma, terima kasih untuk apa yang telah dirimu berikan untuk diriku dan adik-adikku. Maaf jika aku belum bisa membuatmu bahagia dan memberikan yang terbaik untukmu, dan selalu melawan kata-katamu.

Tidak hanya mama saja inspirasiku, nenek juga menjadi inspirasiku. Yang selalu berusaha mendengar keluh kesahku. Dan juga seseorang yang melahirkan bidadari tak bersayap di hidupku. Terima kasih sudah menjadi tempat bersandar mama disaat aku tak mengerti betapa sulitnya menjalani hidup ini.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading