Studi Membuktikan, Peminum Kopi Punya Usus Lebih Sehat

Febi Anindya Kirana15 Nov 2019, 15:45 WIB
minum kopi

Fimela.com, Jakarta Pecinta kopi pasti akan bahagia mengetahui fakta kesehatan yang satu ini, apalagi ketika banyak orang ragu minum kopi setiap hari karena efek samping yang ditimbulkannya. Kopi mungkin tidak dianjurkan diminum ibu hamil, namun untuk orang normal yang tidak mengalami kondisi kesehatan atau gangguan kesehatan tertentu, minum kopi ternyata bisa memberi manfaat terhadap sistem pencernaan.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Baylor College of Medicine oleh Dr. Li Jiao mencoba melihat pengaruh minum kopi terhadap kesehatan mikrobiota usus, dan menyebutkan bahwa peminum kopi berat memiliki bakteri usus lebih baik

Sebanyak 34 partisipan melakukan screening kolonoskopi dan endoskopi untuk mengetahui kondisi mikroba di usus besar. Peneliti membagi dua kelompok peminum kopi, yaitu peminum kopi berat dengan jumlah konsumsi kafein 82.9 milligram (mg) per hari dan konsumsi kopi rendah sebanyak kurang dari 82.9 milligram.

Kopi Membantu Menjaga Bakteri Usus yang Sehat

kopi
ilustrasi secangkir kopi/Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Hasilnya, penelitian yang dipresentasikan dalam American College of Gastroenterology (ACG) 2019 Annual Scientific Meeting ini membuktikan bahwa konsumsi kafein kadar tinggi mampu meningkatkan jumlah mikrobiota usus yang baik seperti bakteri anti-inflamasi, Faecalibacterium dan Roseburia, dan menurunkan jumlah bakteri Erysipelatoclostridium yang jika dalam jumlah banyak bisa membahayakan kesehatan.

Meski demikian, peneliti mengaku bahwa masih butuh penelitian lebih lanjut karena sampel populasinya sedikit dan dilakukan pada pria dengan kondisi pencernaan normal atau sehat.

Untuk beberapa orang, konsumsi kafein tinggi mungkin baik. Namun setiap orang memang memiliki reaksi tubuh berbeda-beda setelah mium kopi, jadi untuk berjaga-jaga dan mendapatkan manfaatnya, sebaiknya minum kopi secukupnya saja ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓