Fimela Fest 2019: Kesetaraan Hak, Melawan Sistem Patriarki dalam Kehidupan Seks

Fimela Editor16 Nov 2019, 16:52 WIB
Kesetaraan hak perempuan dalam kehidupan seks

Fimela.com, Jakarta Acara Fimela Fest 2019 pada hari Sabtu (16/11/2019) berlangsung kian seru. turut hadir Zoya Amirin, sexolog dan Djenar Maesa Ayu seorang penulis dalam menjawab keresahan masyarakat tentang budaya patriarki. Patriarki sendiri adalah sebuah sistem sosial yang memberikan peranan besar kepada laki-laki dengan mengesampingkan kesetaraan gender. Begitu tidak adanya kesetaraan pasti ada salah satu gender yang tertekan, tidak bahagia, yang pada konteks ini berarti perempuan.

Perempuan adalah makhluk yang sering kehilangan jati dirinya. Dalam sebuah hubungan masalah hak, kewajiban, serta kesempatan harus dimiliki oleh semua gender dengan seimbang.

Sebenarnya masalahnya adalah patriarki itu adalah sebuah sistem sosial di mana laki-laki mempunyai kedudukan utama dalam segala aspek” Ungkap Djenar dalam talk show berjatuk "Fighting Patriarchy System in Sexual Life" di panggung Fimela Fest 2019.

Hingga saat ini pandangan patriarki masih dianggap sebagai sebuah kebenaran yang absolut. Pada setiap hubungan, keterbukaan sangat penting dilakukan satu sama lain untuk menjaga harmonisasi keluarga tanpa adanya diskriminasi gender.

Zoya menyarankan kepada semua perempuan, cintailah laki-laki yang bukan hanya kamu cintai tapi juga kamu hargai, begitupun dengan laki-laki. “Jangan menganggap pasangan itu seperti peramal bisa meramalkan apa yang kamu pikirkan” tambah Zoya.

Pandangan patriarki

Kesetaraan hak perempuan dalam kehidupan seks
Kesetaraan hak perempuan dalam kehidupan seks. (Foto: Fimela/ Adrian Putra)

Saat ini masih banyak perempuan-perempuan yang bahkan untuk menjadi diri sendiri saja sulit, ditambah dengan pandangan patriarki berpotensi merusak moralitas perempuan. Banyaknya kasus pelecehan yang terjadi di kota-kota besar masih menitik beratkan pada posisi perempuan yang dianggap salah.

Semua perbedaan, seperti gender hingga status sosial seharusnya dapat diseimbangkan dengan mengubah persepsi. Semua orang harus sadar bahwa semua berhak dibahagiakan dan berhak membahagiakan. Melawan sistem patriarki dengan cara sederhana menurut Zoya dan Djenar adalah saat kamu merasa tidak ada yang mencintaimu, coba cintai dirimu sendiri, lakukan hal-hal yang kamu suka. Jadilah dirimu sendiri, terima apa yang ada pada dirimu.

Penulis: Iffah Nurahmah

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓