Fimela Fest 2019: AXA Financial Bersama Prita Hapsari Ghozie Ajak Para Perempuan untuk Sehat Finansial

Nabila Mecadinisa17 Nov 2019, 17:32 WIB
Fimela Fest 2019

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak ingin hidup berkecukupan tanpa ada masalah keuangan? Rasanya, semua orang tentu ingin sehat secara fisik dan juga finansial. 

Tapi faktanya hingga kini masih banyak orang yang belum sehat secara finansial. Jangankan tabungan, bahkan banyak juga yang di usia muda tapi sudah harus bergelut dengan hutang. Lalu, bagaimana cara untuk terbebas dari segala masalah keuangan yang dihadapi?

Di Fimela Fest 2019 kali ini, Prita Hapsari Ghozie sebagai Financial Planner dan juga Cicilia Nina, Direktur AXA Financial Indonesia berbagi cerita mengenai ilmu financial freedom yang akan menjadikanmu bebas dari masalah keuangan. 

Perbedaan budgeting dan perencanaan keuangan

Fimela Fest 2019
Pritha Ghozie dan Cicilia Nina pada Fimela Fest 2019 (Foto: Daniel Kampua)

Banyak yang beranggapan bahwa untuk mencapai keuangan sehat diperlukan budgeting atau perencanaan keuangan. Padahal menurut Pritha Ghozie, financial plan berbeda dengan budgeting. Budgeting adalah bagian dari perencanaan keuangan. 

Perencanaan keuangan berguna untuk mencapai tujuan yang bisa dicapai dengan sejumlah cara. Cara yang dimaksud bisa dilakukan dengan perencanaan pekerjaan, budgeting, dan lain sebagainya. Adanya perencanaan keuangan berguna agar kita siap jika suatu hari nanti harus menghadapi banyak hal di kemudian hari.

Untuk mencapai perencanaan tersebut, maka setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda. Pritha juga mengungkapkan sejumlah trik seperti menggunakan rumus atau formula. 

"Formula Living, Saving, dan Playing, bisa diterapkan untuk Sahabat Fimela yang berpenghasilan 5 Juta per bulan." Ungkap Pritha. 

Living untuk alokasi makan, transport, dan kebutuhan pokok lainnya yang dianggarkan sebayak 50%. Saving yaitu berupa tabungan untuk mencapai tujian tertentu dan akan dibagi dua menjadi tabungan dan investasi dengan presentase 30%, sedangkan Playing adalah anggaran untuk kebutuhan bersenang-senang atau gaya hidup dengan anggaran 20%.

 Namun, bagi kalian yang memiliki gaji di atas 5 juta, maka Pritha memberi metode lainnya dengan menerapkan rumus ZAPFIN. 

ZAPFIN terdiri dari alokasi Zakat, Asuransi, Present Consumption, Future Spending, dan Investment di mana dengan adanya alokasi ini, maka keuangan akan jadi lebih sehat.

 

Arti sehat financial

Fimela Fest 2019
Pritha Ghozie dan Cicilia Nina pada Fimela Fest 2019 (Foto: Daniel Kampua)

Sedangkan menurut Nina Cicilia dari AXA Finance, keuangan yang sehat haruslah balance, atau seimbang. "Pastikan pengeluaran tidak lebih besar dari income, harus memiliki tabungan agar bisa disiplin, harus punya investasi masa depan, dan harus punya proteksi diri." Ungkap Nina.

Dengan menerapkan empat disiplin di atas, maka keuangan akan lebih sehat. 

Bahkan menurut Nina, memiliki asuransi sangatlah penting untuk proteksi masa kini dan mendatang. Selain itu, ingatlah bahwa asuransi bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk keluarga, dapat menikmati masa pensiun yang nikmat, untuk ahli waris, edukasi, dan juga obligasi. Dengan cara tersebut, maka sudah pasti kamu tidak akan lagi merasa terbebani dengan masalah keuangan. 

#GrowFearless

 

 

Lanjutkan Membaca ↓