Melewatkan Sarapan Sebelum Berolahraga Bisa Menurunkan Berat Badan, Benarkah?

Karla Farhana20 Nov 2019, 13:30 WIB
[Fimela] Olahraga

Fimela.com, Jakarta Selama ini, para ahli dan dokter gizi terus menyarankan untuk tidak melewatkan sarapan. Pasalnya, sarapan sangat penting untuk nutrisi dan asupan energimu untuk menjalani hari. Tanpa sarapan, kamu akan merasa lapar pukul 10 pagi dan justru akan mengonsumsi lebih banyak porsi dan jumlah makanan. 

Namun, melewatkan jam sarapan untuk berolahraga ternyata justru memiliki efek yang baik untuk kesehatan, terutama buat Sahabat Fimela yang ingin menurunkan berat badan. 

Health Line menulis, berolahraga sebelum sarapan juga dapat meningkatkan kesehatan termasuk membantu membakar lemak tubuh dengan lebih baik. Hal ini, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan the Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, ternyata juga membantu tubuh mengontrol kadar gula dalam darah. 

Studi tersebut, tulis Health Line, menunjukkan orang-orang yang berolahraga sebelum sarapan justru akan membakar lemak dua kali lebih banyak dibandingkan dengan orang yang sarapan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga

Olahraga Malam Hari

[Fimela] Olahraga
Olahraga | unsplash.com/@yellowteapot

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 6 minggu oleh universitas Bath dan Birmingham, berolahraga malam juga mengurangi tingkat insulin dalam tubuh. Sehingga sangat baik untuk mencegah dan mengurangi risiko diabetes. 

Namun, ada syaratnya. Kamu tetap harus berolahraga tanpa makan terlebih dahulu di malam hari. Dengan kata lain, kamu harus berpuasa dahulu sebelum berolahraga. 

Simak video berikut ini

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓