Untuk Cegah Depresi, Cukup Luangkan Waktu Sebanyak Ini untuk Olahraga

Endah Wijayanti21 Nov 2019, 16:15 WIB
olahraga cegah depresi

Fimela.com, Jakarta Untuk mencegah depresi, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan berolahraga rutin. Olahraga diyakini bisa memberi manfaat klinis untuk mencegah depresi. Bahkan dengan meluangkan waktu 90 menit per minggu untuk olahraga dapat bantu mencegah depresi.

Dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, HUNT Cohort Study meneliti 33.908 orang selama lebih dari 11 tahun. Penelitian yang dimulai tahun 1985 ini dilakukan pada para partisipan yang tidak dan belum pernah mengalami depresi. Para peneliti meneliti kebiasaan olahraga dari masing-masing mereka selama 30 tahun.

Menurut penelitian tersebut, sekitar tujuh persen partisipan mengalami depresi. Hasil penelitian menemukan bahwa olahraga selama sekitar 90 menit per minggu memberi efek luar biasa untuk mencegah depresi. Individu yang berolahraga satu jam atau kurang selama seminggu, berisiko 44% lebih rendah mengalami depresi dibandingkan yang tidak berolahraga sama sekali. Dengan kata lain, jika kita berolahraga dengan durasi lebih dari satu jam per minggu, 10 hingg 20 persen depresi klinis bisa dicegah.

Meski mungkin olahraga bukan satu-satunya solusi terbaik untuk mengatasi depresi, olahraga bisa memberi dampak yang lebih efektif bila dibarengi dengan perawatan kesehatan mental yang baik. Jenis olahraga yang dipilih bisa apa saja. Hanya saja yang perlu digarisbawahi lagi, olahraga bukan pengganti terapi. Bila kita mengalami depresi dan butuh bantuan dari ahli terapi untuk bisa pulih, maka pastikan selalu mengikuti terapi dan perawatan yang disarankan.

#GrowFearless with FIMELA