3 Tanda Ini Muncul Saat Kamu Terlalu Banyak Berolahraga

Karla Farhana26 Nov 2019, 11:30 WIB
[Fimela] Ilustrasi Olahraga

Fimela.com, Jakarta Olahraga merupakan akitivitas menyehatkan tubuh. Namun, sesuatu yang dilakukan secara berlebihan pasti justru menimbulkan keburukan yang lebih besar dibandingkan manfaatnya. 

Tubuh akan terasa sedikit sakit usai berolahraga, bahkan rasa pegalnya bisa bertahan selama beberapa hari. Kamu juga merasa mengantuk karena tubuh lelah. Perubahan pada tubuh yang kamu alami usai berolahraga sangat mirip dengan tanda-tanda ketika kamu over-exercising, atau terlalu banyak berolahraga. 

Shape.com menulis, banyak orang yang terkecoh dengan tanda-tanda yang muncul pada tubuh usai berolahraga. Kerap kali, orang menganggap tanda tersebut sebagai sinyal baik, buah dari usaha yang keras dan gigih untuk menjadi sehat dan membentuk tubuh yang lebih fit. 

Namun, meurut psikolog olahraga, Mike T. Nelson, Ph.D., C.S.C.S, ada beberapa sinyal yang justru memberikan pertanda buruk untukmu. Salah satunya, memberikan sinyal kalau kamu terlalu banyak berolahraga. Akibatnya bisa fatal, lho. Selain bisa menambah lemak pada tubuh, massa otot juga bisa menurun! Untuk itu, penting sekali bagi kamu untuk memerhatikan tubuhmu sendiri. Berikut beberapa tanda kalau kamu over-execising. 

1. Takut Berolahraga

[Fimela] Olahraga
Ilustrasi Olahraga | unsplash.com/@j_ballew

Semua orang pasti memiliki hari yang terasa sangat malas, termasuk untuk berolahraga. Namun, rasa 'takut' untuk berolahraga, menurut dokter olahraga Jordan Metzl, M.D., justru menjadi tanda awal kamu terlalu lelah berolahraga. 

"Rutinitas olahragamu seharusnya membuatmu senang, kamu merasa memiliki lebih banyak tenaga setelahya. Namun, kalau kamu sudah tidak merasa senang, malah 'takut' berolahraga, kamu mungkin harus mencari tahu penyebabnya," jelasnya kepada Shape.com. Dia juga menambahkan, dalam satu minggu, harus ada 2 hari penuh untuk beristirahat. 

2. Merasa Sangat Pegal

Pegal merupakan tanda wajar ketika kamu baru saja memulai sebuah olahraga atau latihan baru. Namun, kalau rasa pegal itu berbeda dari biasanya dan sangat tidak tertahankan, mungkin ini pertanda kamu kebanyakan olahraga. 

3. Sendi Terasa Sakit/Nyeri

Olahraga yang berlebihan juga dapat menimbulkan cedera. Munculnya rasa sakit atau nyeri pada sendi-sendi menjadi salah satu tanda kalau kamu terlalu banyak berolahraga. Untuk melanjutkan rutinitas olahragamu, tunggu hingga nyeri sendi hilang total. Jangan cuma dibiarkan atau dipijat, pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter olahraga untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓