Berapa Lama Sebaiknya Merebus Jagung Agar Tidak Kehilangan Nutrisi?

Febi Anindya Kirana25 Nov 2019, 16:11 WIB
jagung

Fimela.com, Jakarta Jagung merupakan bahan makanan yang mudah didapt dan mudah diolah, terutama dengan cara direbus. Namun banyak orang seringkali salah merebus jagung, hanya karena ukurannya yang besar, banyak orang merebusnya dalam waktu lama, padahal cara ini bisa menghilangkan rasa manis alami jagung dan bahkan mengurangi kandungan nutrisinya.

Umumnya, jagung manis segar tidak butuh waktu lama untuk direbus, cukup 5-10 menit saja, seperti dikutip dari Healthline. Jika jagung telah dikupas kulitnya, hanya butuh waktu 2-5 menit saja untuk merebus.

Semakin manis dan segar jagung, semakin pendek waktu untuk merebusnya. Tanda jika jagung sudah matang adalah warnanya yang sudah menguning transparan.

Waktu Merebus Jagung yang Baik

tips merebus jagung
Photo by Kaboompics .com from Pexels

Faktor lain yang memengaruhi waktu perebusan jagung adalah apakah jagung itu direbus bersama kulitnya atau sudah dikupas. Jika merebus utuh bersama kulitnya, butuh waktu 10 menit untuk merebus, perebusannya agak lama. Semakin banyak yang direbus juga semakin lama waktu perebusannya.

Namun akan lebih baik jika mengupas dulu kulit jagung sebelum direbus sehingga bisa mengamati tingkat kematangannya. Jadi, itu dia waktu optimal merebus jagung agar tetap manis dan tidak kehilangan nutrisinya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓