Nonton Film Romantis dengan Suami Bisa Cegah Perceraian, Menurut Penelitian

Febi Anindya Kirana27 Nov 2019, 16:29 WIB
pasangan nonton film

Fimela.com, Jakarta Nonton film sepertinya erat kaitannya dengan kencan. Jika pergi ke bioskop, setiap orang pasti tak akan heran jika banyak pasangan yang membeli tiket film di sana. Karena kencan dengan pasangan, seringkali orang akan memilih film romantis untuk ditonton.

Bukan hanya menjadi waktu untuk kencan, ternyata pilihan untuk nonton film romantis dengan pasangan juga punya efek mengejutkan terhadap hubungan cinta bahkan pernikahan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consulting and Clinical Psychology, American Psychological Association menemukan bahwa nonton film romantis dengan suami bisa menyelamatkan pernikahan dari perceraian.

Nonton film dengan suami bisa cegah perceraian

pasangan cinta
ilustrasi pasangan/copyright Shutterstock

Penelitian yang diakukan terhadap 174 pasangan menikah ini membagi tiga kelompok. Kelompok pertama adalah pasangan yang menerapkan active listening, menjadi pendengar satu sama lain. Kelompok kedua menerapkan affection and empathy, menghujani pasangan dengan segala tindakan kasih sayang dan bentuk perhatian yang intens. Sedangkan kelompok ketiga menerapkan cara santai menikmati waktu sambil nonton film dan makan popcorn.

Ternyata kelompok ketigalah yang memiliki cara terapi lebih efektif menguatkan hubungan cinta dan menghindari perceraian. Penelitian menunjukkan bahwa nonton film dengan pasangan mengurangi risiko perceraian dari 24% menjadi 11% setelah tiga tahun. 

Ketua penelitian Ronald Rogge mengungkapkan bahwa setiap pasangan sebenarnya sudah memiliki skill yang dibutuhkan untuk menjaga hubunga cinta, hanya saja mereka butuh diingatkan sesekali, salah satunya adalah dengan duduk santai berdua sambil nonton film yang dekat dengan kondisi mereka saat ini.

Jadi, jangan ragu mengajak suami untuk sesekali nonton film romantis Sahabat Fimela jika itu memang bisa membuat pernikahan langgeng.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓